Teknik Sipil UII Miliki Program Unggulan, Summer School Kebencanaan

Info Kampus  
Peserta Summer School Kebencanaan dari Malaysia dan Indonesia. (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Program Studi Teknik Sipil Program Sarjana Universitas Islam Indonesia (PSTSPS UII) memiliki keunggulan Summer School Kebencanaan. Sebab Kampus PSTSPS UII yang masuk dalam Ring of Fire bencana Gunung Merapi memiliki laboratorium alam yang sempurna.

Ketua Jurusan Teknik Sipil FTSP UII, Miftahul Fauziah ST, MT, PhD mengemukakan hal tersebut seusai pembukaan Summer School Kebencanaan di Kampus Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII, Selasa (29/8/2023). Summer School Kebencanaan akan berlangsung selama satu pekan, Selasa-Jumat (29/8 - 1/9/2023).

BACA JUGA : Pengelolaan Sampah Indonesia Masih Berada di Level Terendah, UII Ajak Naik Peringkat

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Summer School perdana ini mengangkat tema GeoAdventures: Discovering Geohazards and Mitigation Strategies. Pesertanya, mahasiswa dari dua universitas Malaysia yaitu Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, International Islamic University Malaysia (IIUM). Selain itu, juga mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan tuan rumah UII.

PSTSPS UII, jelas Miftahul, telah terakreditasi internasional oleh Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). Program Sarjana Teknik Sipil UII mempunyai visi untuk menghasilkan civitas akademika yang unggul dan inovatif dalam menerapkan ilmu dan keterampilan di bidang teknik sipil berwawasan kebencanaan melalui sistem pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan bereputasi global.

Lebih lanjut Miftahul menjelaskan peserta Summer School Kebencanaan dilatih untuk mengekplorasi geohazards. Materinya, meliputi teori di dalam kelas, kemudian simulasi menggunakan program komputer.

"Peserta juga diajak kunjungan lapangan ke BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) dan Gunung Merapi. Kampus UII ini merupakan daerah Ring of Fire sehingga Prodi Teknik Sipil fokusnya pada kebencanaan," kata Miftahul.

Summer School, kata Miftahul, yang bekerjasama dengan Malaysia ini merupakan pertama kali diselenggarakan. Sebelumnya, pernah bekerjasama dengan Thailand, tetapi tidak sekomplit sekarang. "Summer School Kebencanaan ini menjadi unggulan bagi PSTSPS UII. Ke depan, kerjasama tidak hanya dengan Malaysia," kata Miftahul.

BACA JUGA : Mahasiswi UII Ciptakan Prototipe Aplikasi Deteksi Halal-Haram di Norwegia

Sementara Dekan FTSP UII, Dr Ing Ir Ilya Fadjar Maharika MA, IAI mengatakan Summer School Kebencanaan ini menjadi prototipe yang bagus dan bisa dikembangluaskan. Tahun depan, program ini bisa diselenggarakan lebih luas lagi dan audience-nya lebih banyak, serta bekerjasama dengan negara-negara Amerika dan Eropa.

"Saya kira ini menjadi good practice dan bisa didesiminasikan kepada berbagai pihak sehingga banyak orang menjadi tertarik. Saya kira ini menjadi dua hal yang menarik dari UII. Pertama, Prodi Teknik Sipil UII memiliki keunggulan di bidang kebencanaan. Kedua, topiknya bagus yaitu Geohazard, suatu potensi bahaya yang ditimbulkan kondisi geologis," kata Ilya.

Program ini, lanjut Ilya, menjadi ciri khas Indonesia yang merupakan gudangnya bencana. Karenaitu, sebelum menarik orang lain untuk belajar kebencanaan, PSTSPS UII perlu mengajak agar orang mahasiswa dan masyaraakat Indonesia mau belajar tentang kebencanaan.

"Saya juga menyarankan agar mahasiswa peserta Summer School Kebencanaan membuat konten yang diunggah di media sosial tetang menghadapi bencana. Sehingga konten itu akan menjadi bahan pembelajaran bagi masyarakat luas, tanpa mengikuti Summer School Kebencanaan," kata Ilya. (*)

BACA JUGA : FTI UII dan PII DIY Kerjasama untuk Perkuat Prodi Keinsinyuran

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image