Mahasiswa UGM Latih Warga Buat Gula Cair dari Limbah Kulit Singkong

Info Kampus  
Tim Cassava Peel Hero UGM bersama warga Klepu, Gunungkidul. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Gunungkidul merupakan kabupaten yang dikenal memiliki potensi lokal berupa singkong atau ubi kayu terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tanaman singkong banyak dimanfaatkan warga sebagai bahan alternatif kebutuhan pangan serta bahan baku pembuatan kuliner tradisional.

Hanya saja, limbah kulit singkong dari sisa produksi belum dimanfaatkan dan hanya dibiarkan menumpuk begitu saja dan menjadi sampah. Kulit singkong yang dibiarkan bisa merusak tanah dan mencemari lingkungan karena memiliki kandungan sianida (HCN) yang tidak konstan. Bahkan tidak hanya itu, efek lain yang ditimbulkan yaitu bau tidak sedap bagi lingkungan sekitar.

BACA JUGA : Mahasiswa UNY Ajari Ibu-ibu PKK Membuat Selai Kulit Semangka

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berangkat dari fenomena tersebut, Tim Cassava Peel Hero sebagai tim program kreativitas mahasiswa bidang pengabdian masyarakat (PKM-PM) melakukan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada penanganan deklinasi limbah kulit singkong berbasis ekonomi ekologis. Pengabdian masyarakat tersebut dilaksanakan di Dusun Klepu, Kalurahan Nglegi. Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tim Cassava Peel Hero beranggotakan Fathia Thaurika Rahma (Mikrobiologi Pertanian 2021), Hafsah Dwi Nurhaliza (Mikrobiologi Pertanian 2021), Shinta Firdha Amalia (Mikrobiologi Pertanian 2021), Ayu Mela (Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan 2021), dan Audi Mutia (Teknik Sipil 2021). Mereka melakukan pengabdian masyarakat di bawah bimbingan Diah Fitria Widhiningsih SP, MSc. Mereka menawarkan solusi alternatif pembuatan produk gula cair singkong serta pupuk organik cair (POC) berbahan dasar kulit singkong.

“Kami melakukan program pemberdayaan ini dengan sasaran Ibu PKK Dusun Klepu yang harapannya mampu memberikan solusi alternatif terkait permasalahan limbah kulit singkong dan mampu meningkatkan pemeliharaan lingkungan serta pendapatan mitra,” jelas Fathia Thaurika Rahma di Yogyakarta, Selasa (19/9/2023).

BACA JUGA : Mahasiswa KKN UP 45 Inisiasi Motif Batik Cabai Caturharjo Dipatenkan

Fathia mengatakan gula cair singkong memiliki kandungan kalori lebih rendah dibandingkan konsumsi gula harian lainnya yaitu hanya sebesar 1,13 kalori. Kandungan kalori rendah ini bisa dijadikan sebagai pengganti gula konsumsi harian bagi masyarakat penderita penyakit diabetes.

“Gula cair singkong tidak hanya menyehatkan, tetapi juga memiliki rasa tidak kalah manis dengan gula konsumsi harian. Hasil dari pembuatan gula cair kulit singkong dapat diinovasikan menjadi olahan sajian turunannya agar bisa meningkatkan nilai jual produk,” paparnya.

Fathia menambahkan selain diolah menjadi gula cair singkong, limbah kulit singkong juga dapat dibuat menjadi pupuk organik cair (POC). Produk ini direkomendasikan sebagai pengganti pupuk kimia karena efek penggunaan pupuk kimia dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan penurunan kesuburan tanah. Selain itu, pembuatan POC tergolong mudah karena menggunakan alat dan bahan yang ekonomis dan sederhana sehingga Ibu PKK mampu mempraktikkan secara mandiri.

Lebih lanjut Fathia memaparkan luaran yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini tidak hanya sekedar edukasi pengolahan produk saja, melainkan juga menjadi wadah untuk pengembangan diri melalui sistem Training of Trainers (ToT). Sistem pelatihan ini juga diharapkan mampu membentuk jiwa kompetensi ibu-ibu PKK Dusun Klepu yang kompeten dan berdaya mandiri. (*)

BACA JUGA : Mahasiswa KKN UGM Kembangkan Wisata Panas Bumi di Kawah Sikidang Dieng

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image