Mahasiswa UNY Ajari Ibu-ibu PKK Membuat Selai Kulit Semangka

Tips  
Selai kulit semangka kreasi mahasiswa UNY. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan, Gelombang II PGSD Kelas C Kelompok 3 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menularkan ilmu membuat selai dari kulit semangka. Pengetahuan tersebut dibagikan kepada kelompok Ibu-ibu PKK Kalurahan Plumbon, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ketua Kelompok, Ahmad Widi Nugroho mengatakan selama ini semangka hanya dimanfaatkan buahnya saja, sedangkan kulitnya dibuang sebagai sampah. “Padahal pada lapisan putih pada kulit dalam semangka memiliki daging buah yang segar berwarna putih kehijauan yang rasanya tawar, mengandung air, vitamin, dan mempunyai banyak manfaat untuk berbagai penyakit,” kata Ahmad di Yogyakarta, Jumat (8/9/2023).

BACA JUGA : Mahasiswa KKN UNY Bantu Pasarkan Batik UMKM via Digital Marketing

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kulit semangka pada bagian putihnya dinamakan albedo yang merupakan sumber pektin yang potensial. Sebagaimana jaringan lunak tanaman lain, albedo semangka tersusun atas 21,03% senyawa pektin. Karena itu, albedo atau kulit semangka sangat baik untuk dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai sumber pangan baru.

Amilia Vivi Zusmiarsi menambahkan bentuk makanan olahan yang terbuat dari albedo semangka salah satunya, selai. Selai merupakan salah satu jenis makanan awetan berupa sari buah atau buah-buahan yang sudah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat.

Buah-buahan yang dipilih untuk dijadikan bahan dalam pembuatan selai adalah buah yang sudah matang, tetapi tidak terlalu matang dan rasanya sedikit asam. Selai termasuk produk olahan pangan yang berasal dari buah-buahan yang disukai oleh banyak orang dan dari berbagai golongan masyarakat, sehingga pembuatan selai ini mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan.

Menurut Dea Rizky Saputri, pelatihan membuat selai terhadap ibu-ibu PKK ini bertujuan pertama, memanfaatkan limbah kulit semangka. Kedua, mengembangkan kemampuan dan memberdayakan masyarakat, terutama ibu-ibu.

BACA JUGA : Mahasiswa KKN UNY Latih Pengemasan Produk UMKM

Sehingga mereka dapat menghasilkan kegiatan yang bermanfaat dengan mengolah limbah kulit semangka menjadi makanan yang berdaya jual. "Harapannya dapat menjadi tambahan pendapatan, setidaknya dapat menambah perekonomian khususnya masyarakat Desa Plumbon, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo," kata Dea Rizky Saputri.

Sedang Dwi Fitri Rihardini menjelaskan tentang langkah-langkah membuat selai kulit semangka. Pertama, semangka dipotong dan pisahkan daging buah dari kulitnya dan kemudian kupas kulit bagian luar sampai bersih. Kedua, kulit semangka lalu dipotong kecil-kecil dan dicuci, lalu diblender atau diparut serta disaring.

Ketiga, tiriskan hasil parutan lalu dimasak dengan tambahan gula, vanili dan pewarna hingga teksturnya menyerupai selai. “Kulit semangka ini mengandung antioksidan, air 93,4%, karbohidrat 5,3%, lemak 0.1%, serat 0,2%, vitamin A, B, C, mineral serta rendah kalori,” kata Dwi Fitri Rihardini.

BACA JUGA : Cardigan Ecoprint, Karya Mahasiswa UNY Raih Pendanaan PKM-K

Selain itu, tambah Dwi, kulit semangka juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah dan menjaga kekebalan tubuh.

Tim yang menggagas pembuatan selai kulit buah semangka terdiri Ahmad Widi Nugroho (Ketua), Amilia Vivi Zusmiarsi, Dea Rizky Saputri, Dwi Fitri Rihardini, Elma Nur Damawanti, Juanda Wicaksono Prabowo, Nur Rita Febri Diana, Puteri La Nina, Riska Arisma, Sherlie Widyasmara, Tresy Litat dan Wahyu Kurniawati.

Ketua PKK Plumbon, Susi menyambut baik pelatihan yang dilakukan mahasiswa UNY untuk mengolah kulit semangka menjadi selai ini. “Sangat menginspirasi dan kedepannya akan dijadikan sebagai produk unggulan UMKM Plumbon,” kata Susi. (*)

BACA JUGA : Mahasiswa KKN UNY Dorong Pelaku UMKM Miliki NIB

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image