UGM Salurkan 14.000 Liter Air Bersih untuk Warga Kekeringan di Magelang

News  
Warga sangat antusias menerima bantuan air bersih. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Gadjah Mada (UGM) menyalurkan bantuan 14.000 liter air bersih untuk warga yang mengalami kesulitan air bersih di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Ahad (25/9/2023). Penyaluran bantuan air bersih dilakukan Tim Gelanggang Emergency Response (GER) UGM dan Resimen Mahasiswa (Menwa) UGM bekerjasama dengan relawan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Borobudur.

Koordinator GER UGM, Muhammad Fauzan Firdaus menjelaskan GER penyaluran atau dropping air bersih diberikan kepada warga di dua desa yakni Desa Karanganyar Borobudur dan Desa Butuh Candirejo Borobudur, Kabupaten Magelang. “Dropping ini kita lakukan sebagai bentuk respon terhadap fenomena kekeringan air yang banyak dialami oleh warga akibat kemarau panjang,” terangnya, Senin (25/9/2023).

BACA JUGA : Yubita, Mahasiswi Disabilitas UGM Dapat Bantuan Kaki Palsu Baru

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Fauzan mengatakan kemarau panjang tahun ini menyebabkan sumber-sumber air warga mengering. Oleh sebab itu, bantuan air bersih sangat diperlukan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari warga.

Lebih lanjut Fauzan menyampaikan ada ratusan kepala keluarga (KK) yang mengalami kesulitan untuk akses air bersih guna pemenuhan kebutuhan sehari-hari akibat musim kemarau panjang saat ini. Bantuan air bersih didistribusikan kepada 140 KK di dua desa tersebut diharapkan dapat membantu warga.

Fauzan menjelaskan sebelum melakukan penyaluran air bersih ke warga, sehari sebelumnya GER melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan para relawan. Koordinasi dilakukan untuk memetakan wilayah yang belum mendapatkan dropping air bersih.

“Dropping dilakukan di Desa Karanganyar dan Desa Butuh Candirejo atas permintaan warga karena belum mendapatkan dropping dan kondisi sudah benar-benar kehabisan air bersih,” kata Fauzan. (*)

BACA JUGA : Mendag Serahkan Bantuan Biaya Pendidikan kepada UAD

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image