Saat Pratikno, Basuki dan Hasto Wardoyo Satu Panggung Bahas Kesehatan Jiwa

Sosok  
Praktikno dan Basuki Hadimuljono saat satu panggung di FKKKMK UGM. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Ada yang menarik dalam acara pelepasan dan ramah tamah para wisudawan program pascasarjana Fakultas Kedokteran, Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat (FKKMK), Rabu (25/10/2023), di ruang auditorium kampus FKKMK UGM. Tiga orang perwakilan orang tua wisudawan tampil satu panggung. Hal itu tentu pertemuan yang tidak disengaja. Bermula dari Menteri Sekretaris Negara Prof Pratikno didaulat untuk menyampaikan sambutan mewakili orang tua wisudawan.

Di awal pidatonya, Pratikno menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada pengelola Prodi Pascasarjana yang telah mendidik putra-putri mereka hingga lulus. Di sela sambutannya, Pratikno mengatakan di antara para tamu orangtua wisudawan yang hadir, ada sosok yang telah banyak membangun banyak rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia. “Di dalam ruangan ini ada orang tua wisudawan sekaligus alumnus UGM yang telah berjasa membangun banyak sekali rumah sakit, dari puluhan hingga ratusan,” kata Pratikno.

BACA JUGA : Pakar UGM: Kenali Gejala Gangguan Kesehatan Mental Remaja Sejak Dini

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pratikno pun meminta Basuki Hadimulyono selaku Menteri PUPR untuk tampil maju ke depan. Tidak hanya Basuki, Pratikno juga menyebutkan nama dr Hasto Wardoyo selaku Kepala BKKBN yang duduk di barisan kursi paling depan juga untuk maju.

Namun begitu, bukan obrolan ringan yang dibicarakan ketiga pejabat ini. Sebaliknya ketiganya membahas isu soal penanganan pasien kesehatan jiwa yang masih minim di Indonesia. Hal itu bermula dari kegelisahan Hasto melihat meningkatnya jumlah penderita kesehatan mental emosional pada remaja Indonesia.

“Mumpung ada Pak Mensesneg. Lulusan yang diwisuda sekarang ini tidak hanya bergerak di bidang klinis, tapi juga ke manajemen (kesehatan). Terbersit di kami, sekalian mau curhat, kita kekurangan bangsal jiwa dan kedokteran jiwa,” kata Hasto Wardoyo.

Hasto menyebutkan gangguan kesehatan mental emosional pada remaja di Indonesia berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 angkanya mencapai 9,8 persen.

BACA JUGA : Tips dari Psikolog UGM bagi Media Massa untuk Cegah Bunuh Diri

Basuki langsung menimpali. “Untung saya dulu nggak masuk FK (Fakultas Kedokteran), sudah jadi alumni saja masih juga bahas urusan yang berat-berat,” kata Basuki alumnus Prodi Teknik Geologi FT UGM ini sambil guyon.

Meski begitu, Basuki mengakui infrastruktur untuk rumah sakit khusus untuk kesehatan jiwa di luar Jawa memang masih minim. Belum lama ini, kata Basuki, ia bertemu Gubernur Sulawesi Utara yang menyampaikan bahwa rumah sakit jiwa yang baru diresmikan oleh pemerintah provinsi Sulut ternyata langsung diisi oleh pasien yang datang dari luar daerah. “Di Sulut baru saja membangun rumah sakit jiwa, terima pasien dari Maluku, Maluku Utara dan Papua,” jelasnya.

Melihat kondisi tersebut, Pratikno menegaskan Menteri PUPR memiliki tugas baru untuk membangun infrastruktur rumah sakit jiwa di daerah. “Menteri PU perlu untuk membangun insfrastrurnya. Selain menjadi tanggung jawab para alumni baru (UGM) dan kepala daerah,” katanya.

Seperti diketahui, kehadiran tiga orang pejabat negara ini di kampus FKKMK ini dalam rangka ikut menghadiri upacara wisuda dari putra-putri mereka masing. Anak ketiga Basuki Hadimuljono, Dira Mediani dan anak dari Pratikno, Hilda Mutia Hanum, keduanya lulus dari program studi Magister Kebijakan dan Manajemen Kesehatan. Sedangkan putra dari Hasto Wardoyo, Romzy Azmy Lazuardi, wisuda program dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi. (*)

BACA JUGA : FKKMK UGM Latih Perawat Orang Dengan Demensia

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image