UI Rebut Empat Gelar Juara di Kontes Kapal Cepat tak Berawak

Teknologi  
Kontes Kapal Cepat tak Berawak Nasional 2023. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Indonesia (UI) merebut empat gelar juara pada Kontes Kapal Cepat tak Berawak Nasional (KKCBN) 2023 di Kampus UI Jakarta, Senin-Rabu (23-25/10/2023). Empat gelar tersebut diraih oleh empat Tim UI yang mengikuti kompetisi tersebut.

Keempat tim adalah Tim Nagapasa 1 meraih Juara 2 untuk kategori Divisi Kapal Pariwisata DRR. Tim Nagapasa 2 meraih Juara Harapan 1 untuk kategori Divisi Kapal Pariwisata DIT. Tim Autonomous Marine Vehicle (AMV) UI memperoleh Juara Harapan 1 pada kategori Divisi ATSV. Adapun Tim Pandawa 1 (ERC) mendapat Juara 2 untuk kategori Divisi LBERC.

BACA JUGA : Inovasi Mahasiswa UI, Smartphone Photography Jadi Alat Deteksi Dini Karies Gigi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Direktur Kemahasiswaan UI, Dr Badrul Munir, ST, M Eng Sc mengatakan capaian tersebut merupakan bukti nyata kontribusi sivitas akademika UI dalam penciptaan inovasi di bidang teknologi. “Ajang kompetisi ini dapat menumbuhkan dan melatih mahasiswa untuk kreatif, inovatif, dan produktif dalam hal pembuatan inovasi desain dan pembuatan prototipe kapal. KKCTBN juga bisa menjadi media bagi para mahasiswa untuk turut kontribusi dalam memajukan sektor pariwisata,” kata Badrul.

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Kemendikbudristek, Dr Beny Bandanadjaja, ST, MT mengatakan KKCBN diikuti 88 tim dari 31 perguruan tinggi dan melahirkan 38 tim pemenang untuk enam kategori perlombaan. Beny mengapresiasi UI selaku tuan rumah pelaksanaan KKCTBN 2023.

“Kesediaan untuk menjadi tuan rumah ajang talenta nasional merupakan dedikasi perguruan tinggi dalam usaha mewujudkan karakter mahasiswa yang sejalan dengan karakter pelajar Pancasila,” kata Beny.

BACA JUGA : GAMAFORCE Tujuh Kali Juara Umum di Kontes Robot Terbang Indonesia

Sementara Plt. Kepala Puspresnas Kemendikbudristek, Ir Hendarman, MSc, PhD, mengatakan kontes ini sebagai perwujudan dari inovasi teknologi perkapalan dan digital kemaritiman. Kontes ini diharapkan agar generasi muda mampu bersaing dengan teknologi pariwisata di negara maju.

“Untuk meningkatkan kunjungan wisata ke beberapa destinasi wisata bahari di Indonesia, perlu didukung dengan disediakannya fasilitas berupa kapal atau bangunan apung lainnya dengan teknologi yang memadai. Itulah sebabnya KKCTBN kita adakan,” kata Hendarman

KKCTBN merupakan lomba inovasi teknologi desain, pembuatan prototipe, dan performa prototipe di bidang teknologi perkapalan-maritim yang diikuti mahasiswa dari seluruh Indonesia. Tahun ini, KKCTBN mengusung tema 'Penguatan Kemandirian Teknologi dan Inovasi Kapal Nasional.'

Ada enam kategori lomba, yakni Divisi Kapal Pariwisata Desain Routine dan Regulasi (DRR), Divisi Kapal Pariwisata Desain Inovasi dan Teknologi (DIT), Divisi Kapal Pariwisata Desain Inovasi dan Implementasi (DII), Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Pariwisata Leisure Boat Fuel Engine Remote Control (LBFERC), Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Pariwisata Autonomous Tourism Surface Vessel (ATSV), serta Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Pariwisata Leisure Boat Electric Remote Control (LBERC). (*)

BACA JUGA : Pesawat Flywing Mahasiswa UNY Berbahan Komposit Serat Rami

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image