Tiga Dekan UGM : Akreditasi ASIIN Membanggakan Sekaligus Tantangan

Info Kampus  
Pintu Gerbang Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Bagi tiga dekan UGM pencapaian akreditasi ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) dari Jerman ini membanggakan sekaligus menjadi tantangan. Berikut ungkapan ketiga dekan Fakultas Matematika Ilmu pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Biologi, dan Sekolah Pascasarjana.

Dekan FMIPA UGM, Prof Dr Eng Kuwat Triyana, MSi, menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas diraihnya akreditasi ASIIN untuk Prodi S3 Ilmu Komputer. Kuwat berharap akreditasi ASIIN ini bisa mendorong Prodi S3 Ilmu Komputer terus unggul dan diakui secara global.

BACA JUGA : Tiga Program Studi UGM Raih Akreditasi ASIIN

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain itu, kata Kuwat, Prodi S3 Ilmu Komputer dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam perkembangan ilmu komputer dan mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan. “Terima kasih kepada universitas dan semua pihak yang telah memberikan dukungan yang luar biasa dalam perjalanan kami menuju keberhasilan ini,” kata Kuwat Triyana.

Sedang Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof Dr Budi Setiadi Daryono, MAgr Sc, mengatakan Fakultas Biologi UGM memiliki visi dan misi untuk memiliki keunggulan di bidang biologi tropika dan reputasi serta rekognisi internasional. Sehingga pihaknya memprioritaskan Prodi S2 Biologi untuk memenuhi standar internasional melalui akreditasi ASIIN.

“Pencapaian akreditasi internasional ASIIN tersebut merupakan langkah penting dan strategis dalam mengembangkan keilmuan khususnya bidang Biologi Tropika di Indonesia dan dunia,” kata Budi.

BACA JUGA : Prodi Ilmu Keperawatan UGM Kandidat Raih Akreditasi Internasional ACEN

Budi menjelaskan akreditasi internasional ASIIN yang diperoleh Prodi S2 Biologi ini merupakan yang pertama kali di Indonesia. Karenanya pencapaian ini akan menjadi role model dan percontohan bagi Prodi-prodi S2 Biologi di PTN/PTS lainnya di Indonesia.

Sementara Dekan Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM, Prof Ir Siti Malkhamah, MSc, PhD, menyebutkan perolehan akreditasi Prodi S2 Bioteknologi menjadi sebuah capaian yang sangat membanggakan. Terlebih, dalam akreditasi internasional ASIIN yang pertama, Prodi S2 Bioteknologi langsung mendapatkan akreditasi selama enam tahun.

“Sekolah Pascasarjana menghaturkan terima kasih kepada pimpinan universitas dan berbagai fakultas yang telah mendukung Prodi Magister Bioteknologi. Semoga kesuksesan prodi ini segera disusul oleh prodi-prodi yang lain,” kata Siti Malkhamah.

Akreditasi internasional ASIIN merupakan akreditasi berbasis luaran (Outcome Based Accreditation). Hal penting yang harus ditunjukan adalah program sudah mengimplementasikan pendidikan berbasis luaran (Outcome Based Education/OBE) dengan menunjukan evaluasi ketercapaian luaran program (Program Outcome) dan institusi menunjukan komitmennya dalam memfasilitasi implementasi OBE. (*)

BACA JUGA : Magister Informatika FTI UII Raih Akreditasi Unggul, Ini Keuntungannya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image