UGM dan Pemprov Kalteng Kerjasama Tingkatkan Kualitas SDM

Info Kampus  
Rombongan Gubernur Kalteng saat hadir di Kampus UGM Yogyakarta. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menjalin kerja sama di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Sedikitnya ada 12 perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh pejabat kepala dinas di lingkungan pemprov Kalteng dengan pejabat Wakil Dekan dari Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Kehutanan, Peternakan, Fisipol dan FKKMK UGM di ruang multimedia II Gedung Pusat UGM, Kamis (2/11/2023).

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, mengatakan tujuan kerja sama dengan UGM untuk memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam berbagai bidang. Di antaranya, mengirimkan calon tenaga dokter spesialis, sub spesialis dan keperawatan.

BACA JUGA : Tiga Program Studi UGM Raih Akreditasi ASIIN

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Kami datang dengan tekad karena Kalteng bagian dari NKRI. Niat kami kesini ingin mengubah Kalteng yang bermartabat, elok, dan amanah. Kita ingin membangun sektor pendidikan agar bisa membangun dengan lebih bermartabat. Bisa melalui dana APBD atau dana pribadi dengan pengusaha untuk penguatan SDM. Jika tidak maka kita tidak akan berubah,” kata Sugianto.

Ia menyebutkan Kalteng sekarang ini memiliki luas sekitar 153 ribu hektare dengan jumlah penduduk sekitar 2,7 juta jiwa. Meski memiliki luasan terbesar kedua setelah Provinsi Papua, Provinsi Kalteng ini menurutnya belum memiliki fasilitas yang memadai seperti bandara internasional dan pelabuhan laut yang memadai. “Saking luasnya namun kita sulit bisa bersaing. Kita ingin sekolahkan orang hebat kita ke UGM,” katanya.

Selain mengirim anak muda melanjutkan kuliah di kampus UGM, ia juga mendorong percepatan penguatan program hilirisasi produk dari hasil sumber daya alam dengan bekerja sama dengan UGM. “Kalteng itu kaya akan hasil hutan, kita ingin bahan bakunya dan pabriknya dibangun di sini. Perkebunan sawit kita itu 2,28 juta hektar. Kita ingin nantinya jadi penghasil CPO terbesar. Kita punya batubara, bauksit, aluminium dan silika juga. Makanya yang perlu kita bangun SDM, kita harus menguasai teknologi,” jelasnya.

BACA JUGA : Dosen Fakultas Kehutanan UGM, Ronggo Sadono Dikukuhkan Guru Besar

Sementara Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof Dr Wening Udasmoro, menyampaikan apresiasi terlaksananya kerja sama antara UGM dengan Pemerintah Provinsi Kalteng baik dalam bidang penguatan ekonomi, teknologi dan kesehatan. “Teknologi menjadi pilar agar bagaimana kita bisa maju. Termasuk juga bidang peternakan dan perikanan agar kita bisa mencegah stunting,” kata Wening.

Dalam kesempatan itu, Wening juga sependapat dengan Gubernur yang memiliki tekad kuat untuk membangun membangun Pendidikan bahkan rela untuk mengeluarkan dana pribadi. Menurutnya apa yang dilakukan Gubernur tersebut dalam rangka memperkuat social capital masyarakat. “Semua hal yang disampaikan oleh Gubernur untuk meningkatkan kualitas SDM,” katanya.

Di UGM, kata Wening, memiliki berbagai program untuk merekrut talenta muda dari berbagai daerah yang memiliki kemampuan akademik yang mumpuni namun berasal dari ekonomi keluarga kurang mampu tetap bisa melanjutkan pendidikan di kampus UGM. “Kami memiliki project afirmasi berbasis geografi dimana yang bersekolah berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Kita bekerja sama dengan banyak Provinsi yang mengirimkan calon mahasiswa sarjana dan pascasarjana,” ujar Wening. (*)

BACA JUGA : Dosen UII dan UNU Kolaborasi Latih Digital Marketing Pembatik Klaten

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image