Kotak Infak Pintar Anti Maling Berbasis IoT, Inovasi Mahasiswa UII

Teknologi  
Kotak Infak Pintar Anti Maling kreasi magasiswa FTI UII, (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Lima mahasiswa Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII) berhasil menciptakan Kotak Infak Pintar Anti Maling berbasis internet of things (IoT). Kotak Infak tersebut dihibahkan kepada masjid Al-Ikhlas di Kelurahan Sorosutan, Kapanewon Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kelima mahasiswa adalah Muhammad Faisal dan Ahmad Zaiq Harja dari Jurusan Teknik Elektro, Revansha Zulfikar Alfaz dari Jurusan Informatika, M Joang Firdaus dari Jurusan Teknik Mesin, dan Annisa dari Jurusan Teknik Kimia. Mereka didampingi dosen Program Studi Teknik Industri UII, Ir Ali Parkhan, MT. Mereka mengikuti kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM).

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Kembangkan Teknologi Filtrasi Kurangi Zat Besi Air Tanah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Faisal menjelaskan ide ini muncul dari banyaknya kasus pencurian uang kotak infak di masjid-masjid. Padahal Indonesia dikenal dengan negara yang memiliki jumlah masjid terbanyak di dunia. Masjid tidak hanya sebagai tempat peribadatan saja, melainkan juga sebagai tempat bersosialisasi, sarana edukasi dakwah serta berfungsi sebagai baitul mal.

Masjid Al-Ikhlas, kata Faisal, pernah kehilangan kotak infak yang berisi uang kurang lebih Rp 50 juta, pada Agustus 2021. “Dari diskusi kami dan takmir masjid Al-Ikhlas berbagai cara pengamanan telah diterapkan takmi masjid Al-Ikhlas. Di antaranya, pemasangan CCTV, hingga petugas takmir yang bertugas selama 24 jam," kata Faisal.

Berdasarkan diskusi tersebut muncul ide membuat Kotak Infak Pintar Anti Maling berbasis internet of things (IoT). Selain menghibahkan kotak infak, Tim PKM-PM UII juga memberikan pelatihan terhadap takmir masjid tentang penggunaan sistem keamanan kotak infak berbasis IoT.

BACA JUGA : Mahasiswa Fakultas Teknik UNY Kembangkan Pompa Air Tenaga Surya

“Pelatihan dan bimbingan yang kami lakukan kepada takmir masjid ini dirangkum dalam delapan modul pelatihan terkait sistem IoT. Tujuannya, para takmir masjid memahami konsep dasar dari sistem keamanan dengan menggunakan IoT hingga dapat menganalisa sendiri sistem keamanan kotak infak,” tambah Annisa.

Sedang Zaiq, menambahkan kehadiran Kotak Infak Pro bisa menginspirasi masjid lain untuk memasangnya. "Harapan kami Tim Infak Pro menyebarluaskan program ini ke berbagai masjid lain di sekitar kelurahan Sorosutan bahkan seluruh Indonesia,” kata Zaiq.

Sementara Ali Parkhan mengatakan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) yang dilaksanakan mahasiswa ini menjadi salah satu solusi yang diterapkan dan menjadi program pengabdian yang berkelanjutan. "Nantinya ada transfer pengetahuan dari mahasiswa kepada takmir masjid untuk diimplementasikan pada keamanan kotak infak Masjid Sorosutan," kata Ali Parkhan. (*)

Tim Kotak Infak Pintar Anti Maling. (foto : istimewa)

BACA JUGA : Emergency Alert System, Alat Pemantau Kualitas Air Tambak Udang

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image