AI Policy and Skilling Lab untuk Tingkatkan Kompetensi ASN

Teknologi  
Peluncuran AI Policy and Skill Lab di Jakarta. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Google bersama dengan Kolaborasi Riset dan Inovasi Kecerdasan Artifisial Indonesia (Korika) dan Center for Digital Society (CfDS) Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) meluncurkan AI Policy and Skilling Lab. Peluncuran dilaksanakan di Kempinski Grand Ballroom Jakarta, Senin (11/12/2023).

Peluncuran dihadiri pimpinan Google Indonesia, Korika, CfDS Fisipol UGM, dan peserta dari lintas kementerian serta lembaga di Indonesia. Peluncuran AI Policy and Skilling Lab bertujuan untuk meningkatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dasar dan implementasi kecerdasan artifisial, khususnya di kalangan pembuat kebijakan.

BACA JUGA : Truwelu, Permainan Edukasi Mitigasi Bencana, Kreasi PSK UGM

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sekretaris Eksekutif CfDS Fisipol UGM, Syaifa Tania mengatakan pelatihan AI ini akan diselenggarakan pada tahun 2024 dengan target peserta lebih dari 800 Aparat Sipil Negara (ASN) dari berbagai kementerian dan lembaga di Indonesia. Menurutnya, program ini bertujuan untuk mendorong produktivitas, kreativitas dan inovasi, serta pemanfaatan AI yang bertanggungjawab di kalangan pejabat ASN.

“Program pelatihan ini terdiri atas rangkaian sesi pengembangan kapasitas pengetahuan dasar dan studi kasus kecerdasan artifisial serta generative AI,” kata Tania.

Ia menambahkan program pelatihan AI Policy and Skilling Lab akan mengangkat beberapa topik meliputi dasar-dasar dan etika penggunaan AI, masa depan AI, juga pemanfaatan AI dalam keamanan siber, optimalisasi UMKM dan perekonomian nasional, pendidikan, keberlanjutan dan tanggap bencana, privasi, hak cipta, serta pemerintahan dan layanan publik.

BACA JUGA : UGM dan Komatsu Perkuat Kerjasama Pendidikan dan Riset Alat Berat

Pemilihan topik-topik pelatihan tersebut menurut Tania didasari oleh indikasi kebutuhan-kebutuhan mendesak dari beragam sektor terkait sinergi antara dunia industri, pemerintah, dan lembaga pendidikan tinggi dalam mendorong adopsi teknologi kecerdasan artifisial yang bertanggung jawab.”Dengan memperluas pemahaman para pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan terkait AI, diharapkan dapat terbentuk dasar kebijakan yang responsif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara peluncuran program ini, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria menyampaikan dukungannya atas inisiatif program ini. “Kami memberikan apresiasi atas inisiatifnya untuk membuka wawasan dan memimpin diskusi bagi seluruh kalangan untuk pemanfaatan AI yang bertanggung jawab, mendorong kreativitas dan inovasi yang positif, juga terciptanya landasan kebijakan yang seimbang dan terarah,” tuturnya.

BACA JUGA : Rachma Wikandari, Dosen UGM Juara 2 Young Scientist Award

Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf, mengatakan bahwa program ini merupakan wujud nyata komitmen Google Indonesia dalam membangun kapasitas para pembuat kebijakan mengenai AI dan studi kasusnya di Indonesia sehingga bisa menciptakan landasan kebijakan yang seimbang, mendorong pemanfaatan AI yang bertanggung jawab, dan mendukung transformasi positif yang dihadirkan oleh teknologi AI.

”Kami berharap inisiatif ini menandai awal dari kolaborasi pendekatan bijaksana dan ide-ide baru dari seluruh ekosistem AI yang akan membantu kita menavigasi evolusi transformasional ini, menemukan solusi kolektif, dan memaksimalkan potensi AI yang luar biasa. Karena di mana halnya, memerlukan kolaborasi dan keterlibatan mendalam dari seluruh pemangku kepentingan di masyarakat untuk mencapai kemajuan bagi Indonesia,” kata Randy Yusuf.

Sementara Ketua umum Korika, Prof Hammam Riza, mengatakan penyediaan pelatihan AI untuk ASN ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan keterampilan serta kompetensi ASN di bidang AI. Melalui kerja sama ini, ASN Indonesia dapat lebih memahami dan memanfaatkan AI untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan publik. (*)

BACA JUGA : UGM Dampingi Kabupaten Berau Entaskan Desa Tertinggal

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image