Tujuh Fasilitas Olahraga Paling Menyenangkan di UMY, Sayang untuk Dilewatkan 

Info Kampus  

Oleh : Mutiah Parawangsah *)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah salah satu kampus di Yogyakarta yang terkenal dengan slogan "Unggul dan Islami, Muda Mendunia." Berdiri sejak tahun 1981, UMY merupakan kampus swasta terbaik yang ada di Yogyakarta, bahkan di Indonesia yang di lansir melalui Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tahun 2021.

Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). (foto : mutiah parawangsah)

UMY sebagai kampus swasta terbaik, sangat terkenal dengan fasilitas yang lengkap dan mampu mendukung aktivitas belajar-mengajar. Baik fasilitas akademik maupun fasilitas non-akademik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Fasilitas non akademik meliputi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Olahraga. Dalam upaya mewujudkan mahasiswa dan civitas akademika yang sehat, UMY memilliki fasilitas olahraga yang tidak kalah menarik, apalagi untuk kamu yang suka berolahraga.

Olahraga merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Untuk itu, agar sehat dan fasilitas olahraga yang sudah disediakan kampus wajib digunakan. Kamu wajib mencoba olahraga ke tempat-tempat berikut ini. Yuk, simak!

Pertama, lapangan sepak bola UMY. Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling banyak disenangi di Indonesia. UMY mempunyai lapangan sepak bola yang panjangnya 100-120m dan lebar 75-90 m. Lapangan sepak bola UMY ini sering digunakan mahasiswa, dosen, karyawan dan warga sekitar. Selain itu, lapangan bola UMY juga kerapkali di gunakan untuk ajang kompetisi olahraga dan acara rakyat.

Kedua, Gedung Olahraga Volly dan Badminton. Dalam rangka membiasakan pola hidup sehat, UMY membangun Gedung Olahraga untuk bermain voli dan badminton pada 2014 lalu yang terletak di sisi barat kampus terpadu UMY. Lapangan volly dan badminton ini memiliki luas 600 meter persegi yang di lengkapi ruang ganti dan mampu menampung sebanyak 100 orang penonton.

Gedung Olahraga Volly dan Badminton. (foto : mutiah parawangsah)

Ketiga, Lapangan Basket UMY. Selain lapangan bola, Volly dan Badminton, UMY juga memiliki lapangan basket. Ada dua lapangan basket yang bisa di gunakan mahasiswa. Satu lapangan basket yang besar dan satu versi mini yang terletak di samping Gedung Volly dan Badminton.

Keempat, Lapangan Futsal. Lapangan futsal terletak persis disamping lapangan basket UMY. Lapangan futsal ini termasuk lapangan paling favorite di UMY karena banyak mahasiswa yang gemar bermain futsal sehingga membuat lapangan ini selalu terlihat ramai.

Lapangan futsal UMY ini di resmikan pada 30 Desember 2012 lalu. Terdapat ruang ganti, mushola, toilet dan area untuk penonton. Lapangan futsal UMY ini menyediakan lapangan dengan standar mengikuti aturan futsal rules, mulai dari garis lapangan sampai dengan luas lapangan futsalnya. Lapangan futsal UMY ini terbuat dari rumpat sintetis.

Kelima, Panjat Dinding. Arena panjat dinding ini berada di sisi barat lapangan sepak bola UMY. Panjat dinding sering digunakan mahasiswa UKM MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) UMY. Kalau memanjat dinding ini harus safety dan hati-hati serta harus di dampingi oleh teman lainnya yang lebih berpengalaman karena cukup berbahaya.

Keenam, Area atau Track Lari. Arena ini terletak mengelilingi lapangan sepak bola UMY. Selain untuk lari, arena ini juga cukup instagramable untuk diunggah di sosial media, cocok buat kamu yang suka foto.

Ketujuh, Fitness Center UMY. Arena ini merupakan fasilitas bagi dosen, mahasiswa dan karyawan UMY agar selalu bugar, sehat jasmani dan tetap produktif. Fitness Center ini berada di lantai dasar University Residence (Unires) Putra.

Unires Putra terletak di sisi sebelah barat gerbang kampus UMY. Ada banyak pilihan alat fitnes yang bisa digunakan di antaranya, barbell, bench, tredmill dan lain-lain. Sudah coba fitness kesana belum? Kalau belum, yuk segera. Jangan sampai ketinggalan.

Fitnes Center UMY. (foto : mutiah parawangsah)

Nah, itu tadi tujuh fasilitas olahraga UMY. Jangan sampai terlewatkan. Terutama untuk mahasiswa-mahasiswa baru yang belum tahu terkait fasilitas olahraga yang ada di UMY. Semoga tetap sehat. Karena bangsa ini tidak hanya perlu orang yang cerdas tetapi juga perlu orang yang sehat.

*) Mutiah Parawangsah adalah mahasiswa IPICOM 2019 UMY

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image