Satu-satunya Tim Luar Eropa, Tim Bimasakti UGM Juara di Formula Student Netherlands 2022

Teknologi  
Tim Bimasakti seusai kompetisi FSN 2022 di Sirkuit TTAssen Belanda. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menempati peringkat 1 kategori Business Plan Presentation dan Golden Fighter Award pada kompetisi mobil balap Formula Student Netherlands (FSN). Kompetisi tersebut digelar di Sirkuit TTAssen, Belanda , Sabtu-Kamis (9-14/7/2022).

Kapten Tim Bimasakti UGM, Aditya Maheranta menjelaskan Tim Bimasakti UGM harus bersaing dengan tim-tim dari berbagai perguruan tinggi dunia. FSN 2022 diikuti 44 tim dari 15 negara di dunia. Pada kompetisi tersebut Tim Bimasakti juga meraih peringkat 6 Engineering Design Presentation, peringkat 11 Cost Analysis Presentation, dan peringkat 7 Overall kelas Combustion Vehicle.

BACA JUGA : Desain Mobil Listrik ' Arcana' UGM Juara 1 di Jakarta E-Prix 2022

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Tim Bimasakti UGM menjadi satu-satunya Tim non Eropa yang lolos inspeksi, dengan hanya 9 mobil keseluruhan di kelas Combustion yang dapat lolos inspeksi,” tambah Aditya di Yogyakarta, Selasa (19/7/2022).

Aditya menjelaskan FSN merupakan kompetisi mobil balap yang diperuntukkan bagi mahasiswa. Dalam kompetisi tersebut, tim ditantang untuk merancang dan mengembangkan mobil balap bergaya formula mulai dari sisi desain, teknis, hingga peluang bisnisnya.

Keikutsertaan, Tim Bimasakti, lanjut Aditya, menjadi pengalaman baru bagi mereka. Pasalnya, dalam perlombaan tersebut memiliki standar kompetisi dan inspeksi keamanan mobil yang lebih tinggi. Hal itu cukup menghambat kerja tim di hari-hari awal perlombaan.

BACA JUGA : Tim Mahasiswa FBE UII Juarai 14th ERPSim International Competition

Semula, tambah Aditya, sejumlah komponen dari mobil Bimasakti UGM dinilai masih memerlukan perbaikan oleh tim juri. Bahkan juri beranggapan mobil Bimasakti UGM tidak memiliki peluang untuk lolos inspeksi.

“Namun kami terus berusaha untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap mobil di lokasi perlombaan dengan peralatan dan jumlah anggota yang terbatas. Akhirnya kami dinyatakan lolos inspeksi dan berkesempatan untuk berlaga di kategori endurance,”papar mahasiswa Teknik Mesin UGM ini.

Kegigihan dan sikap pantang menyerah Tim Bimasakti UGM ini diganjar dengan penghargaan khusus dari juri yaitu Golden Fighter Award. “Dewan Juri menilai bahwa sikap gigih dan pantang menyerah ini menjadi pengingat bagi tim-tim formula student seluruh dunia untuk terus menembus tapal batas dan pantang menyerah dalam menghadapi semua kendala yang ada,” tandasnya

Dosen pembimbing tim Bimasakti UGM, Dr Fauzun menyampaikan prestasi yang diraih merupakan hasil kerja keras dan pantang menyerah dari tim mulai dari tahap desain hingga tahap lomba. Kemenangan ini juga tak lepas dari dukungan berbagai pihak seperti Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik UGM, universitas, serta para sponsor dan donatur.

“Dalam keikutsertaan Tim Bimasakti yang pertama kalinya di FSN 2022 ini bisa meraih beberapa penghargaan tentunya menjadi hal yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama UGM serta Indonesia di mata dunia,” kata Fauzun.

Kemenangan yang diperoleh Tim Bimasakti, diharapkan Fauzun bisa memotivasi Tim Bimasakti untuk lebih meningkatkan softskills maupun hardskills. Dengan begitu kedepan dapat terus berprestasi dan membanggakan kembali nama universitas baik di kancah nasional maupun internasional. “Semoga semua prestasi yang didapat bisa terus berlanjut di tahun-tahun selanjutnya untuk ukiran prestasi yang lebih tinggi,” harapnya. (*)

BACA JUGA : Tawaran Rusia Soal Pengembangan PLTN Patut Dipertimbangkan

Bimasakti berkompetisi di arena balap mobil kreasi mahasiswa FSN 2022. (foto : istimewa) .

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image