Kehadiran Mahasiswa KKN UGM Percepat Vaksinasi PMK di Gunungkidul

Info Kampus  
Petugas kesehatan hewan Gunungkidul sedang melakukan vaksinasi PMK pada sapi. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Kehadiran mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN PPM UGM) mempercepat vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mahasiswa dari multi disiplin ilmu ini membantu pencatatan ternak, mendata ternak, dan pemeriksaan fisik ternak, sedang vaksinasi dilakukan tenaga kesehatan hewan Kabupaten Gunungkidul.

“Adanya mahasiswa KKN-PPM ini sangat membantu sekali. Karena jumlah target ternak yang ada di Wonosari banyak, namun jumlah petugas di lapangan masih sangat terbatas” kata drh Eka Riyanta, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Hewan (UPT Puskeswan) Wonosari, Jumat (12/8/2022).

BACA JUGA : KKN PPM UGM Bantu Kembangkan Agrowisata dan Kopi Samosir

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mahasiswa KKN PPM UGM bekerjasama dengan Dinas Peternakan Wonosari, UPT Puskeswan Wonosari, Kelompok Ternak Wirotomo, dan Polres Wonosari dengan melakukan vaksinasi PMK di Kalurahan Piyaman, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

Sedang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-PPM UGM Dr drh Sarmin, MP, menjelaskan vaksinasi PMK dilaksanakan sebanyak tiga kali. Program vaksinasi dosis pertama telah sukses dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2022 lalu. Vaksinasi dosis kedua dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus lalu. Sedangkan vaksinasi dosis ketiga akan dilaksanakan kembali beberapa minggu kemudian.

“Program vaksinasi ini diharapkan dapat menjadi kabar baik bagi masyarakat peternak, khususnya di Desa Piyaman karena ternaknya telah terlindungi dari wabah PMK,” kata Sarmin.

BACA JUGA : Rektor UP 45: KKN Tingkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Mahasiswa

Sarmin menambahkan, vaksinasi PMK menjadi salah satu program kegiatan KKN PPM sebab di lokasi KKN sedang terjadi wabah PMK. “Kegiatan ini menjadi suatu pengalaman penting karena mahasiswa turut berperan serta dalam pemberantasan PMK sebagai salah satu kegiatan yang sesuai dengan bidang ilmu terutama kedokteran hewan” katanya.

Dalam menjalan tugas KKN, tambah Sarmin, mahasiswa dari multi disiplin ilmu berbagi tugas. Mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan yaitu Tamam Bagus Setyoaji dan Shadiq Irwan membantu pemeriksaan fisik. Mahasiswa Prodi Teknologi Veteriner yaitu Dian Ritma Setyorini dan Firda Karinda, dan mahasiswa Prodi Teknologi Hasil Perikanan Kurnia Indah Tri Hapsari membantu mendata ternak bawah penyeliaan dokter hewan yang berwenang. Sedang mahasiswa Prodi Matematika, Agung Aldhi Prasetya, dan mahasiswa Prodi Teknologi Informasi, Anas Syahirul Alim bertugas melakukan pencatatan ternak.

Sementara Lurah Piyaman, Tugino, SPd, mengapresiasi program vaksinasi PMK yang diinisiasi mahasiswa KKN PPM UGM. “Berkat adanya program KKN ini, kami merasa sangat terbantu, khususnya dalam pelaksanaan vaksinasi PMK. Terima kasih atas pengabdian adik-adik KKN di Kelurahan Piyaman ini,” kata Tugino. (*)

BACA JUGA : Prodi PMI UIN Sunan Kalijaga Berdayakan Masyarakat Sekitar Kampus

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

Kageogama Gelar Geology Goes to School, Kenalkan Ilmu Kebumian pada Generasi Muda

Image

Keuntungan Bekerja di Perusahaan Startup dari Alumnus FTP UGM

Image

Tips Hadapi Resesi 2023, Cari Penghasilan Tambahan dan Penghematan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image