Mahasiswa UGM Raih Juara di Schlumberger Digital Forum Swiss

Teknologi  
Radista Saga. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Radista Saga, Mahasiswa Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi juara satu pada kompetisi pengembangan pemanfaatan teknologi digital dalam bidang industri energi. Kompetisi tersebut diselenggarakan Schlumberger Digital Forum di Luzem, Swiss, Ahad-Jumat (18-23/9/2022).

Radista Saga menyertakan karyanya berjudul 'Petrophysical Analysis using Machine Learning/AI and Cloud Based System Collaborating with Delfi and Dataiku Technologies.' Karyanya berhasil melewati tiga tahapan seleksi, yaitu di Indonesia, Swiss dan grad final di Schlumberger Digital Forum.

BACA JUGA : Tim Mahasiswa Universiti Malaya Malaysia Juarai Statistika Enthusiastic 2022

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam keterangannya pada wartawan, Kamis (29/9/2022), Radista Saga mengatakan keikutsertaannya dalam perlombaan dalam forum internasional tersebut setelah melewati tahap proses seleksi di Indonesia.

“Tahap seleksi pertama dilakukan oleh Tim Schlumberger Indonesia yang kemudian didapatkan tiga tim pemenang. Setelah didapatkan pemenang dari mahasiswa Indonesia, seleksi selanjutnya dilakukan oleh Schlumberger Pusat Swiss melalui karya teknologi yang sudah dibuat oleh masing-masing tim mahasiswa dari berbagai macam negara,” katanya.

Pada tahap kedua, Radista Saga terpilih sebagai pemenang dan bisa melanjutkan pada Schlumberger Digital Forum 2022, Switzerland. Selain Radista Saga, salah satu pemenang terpilih lainnya adalah Shams Kalam dari King Fahd University of Petroleum and Mineral dari Arab Saudi. Keduanya mendapat predikat University winner dari Dewan Juri.

BACA JUGA : STUNTECH, Aplikasi Deteksi Dini Stunting Karya Mahasiswa UGM

Schlumberger Digital Forum 2022 merupakan forum Internasional yang diselenggarakan oleh Schlumberger Limited, sebuah perusahaan penyedia jasa ladang minyak. Schlumberger beroperasi di lebih dari 120 negara dengan mempekerjakan orang dari lebih dari 140 negara.

Kompetisi ini merupakan sebuah platform kepada masyarakat global, baik akademisi maupun profesional praktisi dalam mendalami dan memaparkan ide atau gagasan serta project terkait perkembangan teknologi digital di bidang industri energi. Pada forum tersebut terdapat konferensi dan interaktif panel session dari pimpinan Schlumberger dan mitra kerjanya di bidang industri energi maupun mitra lainnya seperti Microsoft, IBM, Saudi Aramco, Petronas, ConocoPhillips, SKK Migas dan Pertamina.

Radista Saga bersyukur bisa meraih juara dalam kompetisi internasional yang diselenggarakan Schlumberger tersebut. Ia berharap keberhasilannya bisa mendorong mahasiswa Indonesia lainnya untuk berkompetisi di tingkat dunia terutama pengembngan teknologi dalam dunia Migas dan tambang.

"Semoga akan mendorong karya-karya inovatif lainnya yang dapat menjadi solusi dan dobrakan untuk mengatasi tantangan dan permasalahan energi di masa depan,” harap Radista Saga. (*)

BACA JUGA : Mahasiswi UGM Ciptakan Bantal Anti Bakteri-Tungau

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

UGM Gagal Pertahankan Juara Umum di PIMNAS ke-35, Apa Saja Medalinya?

Image

Pakar Hukum Tata Negara UGM : Cawapres Harus Cakap, Ulet dan Loyal

Image

Prof Sarto: Teknik Kimia Harus Mampu Beradaptasi dengan Era Industri 4.0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image