Kageogama Gelar Geology Goes to School, Kenalkan Ilmu Kebumian pada Generasi Muda

Info Kampus  
Flyer Geology Goes To School 2022 bagi siswa-siswi SMP, SMA, dan sederajat. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam (SDA) sangat melimpah. Menjaga kelestarian sumber daya alamnya merupakan kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia agar tetap lestari dan dapat dinikmati oleh generasi muda Indonesia di masa depan.

Di samping itu, masyarakat Indonesia juga hidup berdampingan dengan potensi bencana yang melimpah. Sehingga kondisi ini dapat megancam keberlanjutan kehidupan generasi muda Indonesia.

Karena itu, pengetahuan generasi muda tentang kekayaan nusantara dan kesadaran akan potensi bencana perlu ditingkatkan. Salah satu upayanya, Keluarga Alumni Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada (Kageogama) berkolaborasi dengan Departemen Teknik Geologi UGM dan Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi UGM menggelar kegiatan Geology Goes to School 2022.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Kembangkan Genteng Pintar Bertenaga Surya

"Geology Goes to School ini diperuntukan bagi siswa-siswi SMP, SMA dan sederajat. Penting memberikan pemahaman tentang ilmu kebumian secara holistic dari pengetahuan dasar hingga implementasinya dalam dunia berkehidupan dan dunia profesional," kata Erawati Fitriyani Adji ST, MSi, Ketua 2 Geology Goes To School 2022 di Yogyakarta, Senin (3/10/2022).

Dijelaskan Ernawati, Geology Goes To School 2022 ini mengangkat tema 'Generasi Muda Bijak Mengelola Sumber Daya dan Sadar Bencana' dan dilaksanakan setiap hari Senin di bulan Oktober 2022. Materinya, Senin (3/10/2022), Pengenalan Mineral, Batuan dan Struktur Geologi. Senin (10/10/2022), Sejarah Geologi dan Sumber Daya Air Tanah. Senin (17/10/2022), Sumber Daya Mineral, Batubara, dan Minyak Bumi. Senin (24/10/2022), Sumber Daya Panas Bumi dan Bencana Geologi-Vulkanologi.

"Satu sesi kelas berdurasi 60 menit yang diperinci 20 penyampaian materi, dan 40 menit tanya jawab. Sehingga peserta memiliki waktu yang cukup panjang untuk menggali lebih dalam tentang ilmu kebumian," kata Erawati.

BACA JUGA : Prodi Rekateks UII Latih Siswa SMK Muh 2 Sleman Olah Limbah Masker

Tujuan Geology Goes To School 2022, kata Ernawati, pertama, membuka wawasan tentang ilmu kebumian dan kaitannya dengan dunia industri dan kehidupan. Kedua, meningkatkan kesadaran dalam menjaga sumber daya alam dan lingkungan kepada generasi muda.

Ketiga, meningkatkan kesadaran akan potensi bencana yang dapat terjadi di lingkungan sekitar kepada generasi muda. Keempat, membantu siswa-siswi SMP, SMA, dan sederajat dalam menentukan fokus program studi yang akan diambil saat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Bagi yang berminat langsung saja melakukan registrasi melalui link: https://tinyurl.com/227hphn4 dan gratis. "Link zoom akan dikirimkan ke email peserta setelah melakukan regristrasi dan gratis. Untuk informasi bisa menghubungi melalui WA Only +62812974333225 (Bagas), dan +62 81315945060 (Era)," kata Erawati. (*)

BACA JUGA : Rio Rizki Aryanto Kembangkan Teknologi Memilih Program Studi yang Tepat

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

UGM Gagal Pertahankan Juara Umum di PIMNAS ke-35, Apa Saja Medalinya?

Image

Pakar Hukum Tata Negara UGM : Cawapres Harus Cakap, Ulet dan Loyal

Image

Prof Sarto: Teknik Kimia Harus Mampu Beradaptasi dengan Era Industri 4.0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image