Teknologi HERPaLM, Konsentrasi Unggulan Magister Teknik Kimia UII, Ini Penjelasannya

Info Kampus  
Dr Dyah Retno Sawitri, Sekretaris Program Studi Teknik Kimia FTI UII. (foto : screenshotyoutube/heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Program Studi Magister Teknik Kimia Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan salah satu dari 20 PSMTK (Program Studi Magister Teknik Kimia) di perguruan tinggi Indonesia. PSMTK Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII memiliki keunggulan pada kosentrasi HERPaLM.

Demikian diungkapkan Dr Dyah Retno Sawitri ST, MEng, Sekretaris Program Studi Teknik Kimia FTI UII pada Grand Launching Program Studi (Prodi) Magister Teknik Kimia di Gedung Prof Dr Sardjito Kampus Terpadu UII Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022) lalu. Magister Teknik Kimia UII yang diluncurkan Prof Dr Jaka Nugraha, SSi, MSi, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik & Riset UII.

BACA JUGA : Prodi IUP IE UII Gelar Kuliah untuk Mahasiswa NXU Cina, Ini Tujuannya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Dyah Retno Sawitri, Program Studi Magister Teknik Kimia yang diselenggarakan 19 Perguruan Tinggi di Indonesia, baik negeri, swasta dan luar negeri menitikberatkan pada bidang energi, lingkungan, pangan, material dan rekayasa proses. Sedang UII menjadi perguruan tinggi ke 20 memiliki Prodi Magister Teknik Kimia memiliki ciri khas yaitu konsentrasi pada pendidikan HERPaLM.

HERPaLM, jelas Dyah, merupakan singkatan dari pendidikan berkompetensi pada bidang Teknologi Herbal, Teknologi Produksi Energi Hijau, Rekayasa Proses dan Kontrol, Teknologi Pangan Halal, Teknologi Pengelolaan Lingkungan dan Teknologi Material.

Kompetensi di bidang HERPaLM, tambah Dyah, dimaksudkan untuk menghadapi permasalahan lingkungan di masa depan. Sebab fenomena degradasi lingkungan akibat eksploitasi berlebihan semakin mengkhawatirkan. Sehingga diprediksikan lingkungan yang rusak dan tercemar akan mengancam keberlangsungan hidup manusia di bumi.

Karena itu, harap Dyah, pembukaan Prodi Magister Teknik Kimia di FTI UII dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Terutama, menghadapi tantangan peradaban yang semakin kompleks, yakni era Revolusi Industri 4.0 menuju Society 5.0. "Adapun prospek dan peluang kerja lulusan Magister Teknik Kimia terbuka lebar saat ini," kata Dyah.

BACA JUGA : Konsorsium Delapan Universitas Berhasil Bentuk Perkumpulan Masyarakat Tangguh Tanggap Bencana

Sedang Prof Jaka Nugraha mengatakan dalam enam bulan terakhir UII berhasil menambah tiga program studi baru, program magister yaitu Prodi Magister Teknik Kimia, Prodi Magister Teknik Lingkungan, dan Prodi Magister Statistika. Saat ini, UII telah memiliki delapan fakultas, 22 jurusan, 55 Prodi yang 17 di antaranya program magister, dan lima program doktor.

Banyaknya program magister akan menambah peluang, kolaborasi dengan institusi level dunia, bereputasi baik nasional dan internasional. UII telah memasuki masa akhir sebagai Excellence Teaching University dan akan memasuki Pre Research University. Salah satu indikasinya adalah semakin banyak mahasiswa dan program studi magister dan doktor. Sebab sumber daya manusia dari Prodi Magister dan Doktor ini menjadi ujung tombak pengembangan riset.

"Banyaknya mahasiswa di level magister dan doktor, output berupa hasil penelitian, baik publikasi paten atau teknologi tepat guna untuk masyarakat dan industri harapannya semakin banyak," kata Jaka. (*)

BACA JUGA : 'Professional Lecturer Goes to Industry,' Program untuk Tingkatkan agar Lulusan Terserap Industri

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image