Fakultas Pertanian UGM Wujudkan Tirtomulyo sebagai Desa Wisata Kuliner Gurami, Ini Jenis Masakannya

Gaya Hidup  
Lomba memasak Gurami. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tim Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil mendampingi Kalurahan Tirtomulyo, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai penghasil ikan gurami. Tim juga mengedukasi warga Kalurahan Tirtomulyo untuk mengolah ikan gurami sehingga bisa mewujudkan Desa Wisata Kuliner Gurami.

Untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas, Tim Fakultas Pertanian UGM bekerjasama dengan Pemerintahan Kalurahan Tirtomulyo menggelar Festival Gurami, Selasa (20/12/2022). "Festival ini untuk lebih menyemarakkan dan mengembangkan kampung gurami sebagai ikon Tirtomulyo," kata Koordinator tim pengabdian Fakultas Pertanian UGM Prof Dr Siti Ari Budhiyanti, STP, MP.

BACA JUGA : UGM Dukung Kampanye Program Makan B2SA untuk Hadapi Krisis Pangan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Festival Gurami, jelas Siti Budhiyanti, berupa lomba memasak berbasis ikan gurami. Lomba ini diikuti perwakilan dari 15 Padukuhan di wilayah Kalurahan Tirtomulyo. Pemenang pertama, kelompok dari Padukuhan Bracan dengan masakan garang asem dan bola-bola rendang gurami. Sedangkan pemenang kedua, kelompok dari Padukuhan Kergan dengan masakan rolade gurami dan nugget gurami.

Festival Gurami ini disemarakkan dengan lomba mewarnai ikan gurami bagi siswa Taman Kanak-kanak, pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di lingkungan Kalurahan Tirtomulyo. Kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan Kesenian Gedruk Segoro Kidul dan Organ Tunggal CND.

Siti Budhiyanti berharap Festival Gurami ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Selain itu juga bisa berkembang dengan kegiatan yang lebih luas lagi dengan dukungan dari instansi terkait. Festival Gurami dihadiri pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bantul, Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul, pejabat dan tokoh masyarakat Kapanewon Kretek dan Kalurahan Tirtomulyo.

Lurah Desa Tirtomulyo, Ridwan Anas mengatakan Festival Gurami bertujuan untuk meningkatkan dan memberdayakan potensi lokal dan UMKM di Tirtomulyo. Selain itu, juga untuk mendukung kemajuan kampung wisata dan edukasi budidaya gurami.

BACA JUGA : Sarapan Sumber Energi Tubuh untuk Mendukung Aktivitas, Jangan Lewatkan

Menurut Ridwwan, budidaya gurami di Tirtomulyo telah berlangsung cukup lama dan maju. Sehingga pendampingan dari Tim Fakultas Pertanian UGM ini diharapkan bisa menjadikan Tirtomulyo sebagai pusat penghasil dan pengolah gurami di Kabupaten Bantul.

"Semoga Tirtomulyo bisa menjadi destinasi wisata edukasi dan kuliner berbasis ikan gurami. Terima kasih kepada Tim Fakultas Pertanian UGM karena sudah mendampingi dan bersinergi dalam pemberdayaan dan pelaksaan acara Festival Gurami Tirtomulyo,” kata Ridwan.

Sementara Kepala Bidang Pemasaran, Pengolahan dan Pengawasan Perikanan Kabupaten Bantul, Jendro Darmoko, ST, MT, mengapresiasi kolaborasi ini. Jendro berharap kerjasama ini dapat mewujudkan Tirtomulyo menjadi Sentra Kampung Gurami dan mendukung budidaya ikan secara umum di wilayah Kabupaten Bantul. (*)

BACA JUGA : UGM Luncurkan Gerai UMKM di University Club Hotel Bulaksumur

Anak-anak TK mengikuti lomba mewarnai Gurami. (foto : istimewa)

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image