UII dan PT Jasa Raharja Kerjasama Tekan Kecelakaan Lalu Lintas, Ini Upayanya

Info Kampus  
Winda Nur Cahyo, Ketua Program Studi Teknik Industri Program Magister FTI UII. (foto: heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Program Studi Magister Teknik Industri (Prodi MTI) Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) berkolaborasi dengan PT Jasa Raharja Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tekan kecelakaan lalu lintas. Kerjasama ini dimaksudkan untuk menekan jumlah korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas, baik darat, laut dan udara.

Selama tahun 2019 hingga 2022, Prodi MTI dan PT Jasa Raharja telah menghasilkan tiga tema penelitian. Pertama, penelitian ‘Optimalisasi Samsat Online Nasional dalam Menunjang Target PAD Provinsi’. Kedua, penelitian ‘Mencapai Zero Accident dengan Evaluasi Kualitas Produksi Kendaraan Bermotor.’ Serta ketiga, penelitian ‘Strategi Membangun Super Apps: Studi Kasus Aplikasi JRku PT Jasa Raharja (Persero).’

BACA JUGA : MTI UII Dampingi UKM Batik Omah Ngesti Pandowo Semarang

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua Prodi MTI FTI UII, Ir Winda Nur Cahyo, ST, MT, PhD, IPM, mengemukakan hal tersebut pada 'Kuliah Pakar: Manajemen Perubahan dan Inovasi, Strategi Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas' beberapa waktu lalu. Kuliah pakar yang digelar secara online ini menampilkan nara sumber Eva Yuliasta, SE, MSc, Kepala PT Jasa Raharja, Cabang Utama Jawa Timur; dan Ir Andrie Pasca Hendradewa, ST, MT, IPM, Manajer Akademik Keilmuan Program Studi Teknik Industri Program Magister FTI UII.

"Penelitian kolaborasi tersebut melibatkan empat konsentrasi di MTI yaitu Teknik Industri, Manajemen Industri; Ergonomi dan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3); Supply Chain Management (SCM) dan Logistik," kata Winda.

Dijelaskan Winda, berdasarkan laporan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada April 2022, jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia meningkat menjadi 103.645 pada 2021. Jumlah kecelakaan lalu lintas darat mencapai 103.645 kasus pada 2021. Jumlah tersebut naik 3,62% ketimbang tahun sebelumnya yang sebanyak 100.028 kasus.

Sebanyak 25.266 orang menjadi korban jiwa dalam kecelakaan yang terjadi pada 2021. "Jumlah itu meningkat 7,38% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 23.529 orang meninggal dunia," kata Winda.

BACA JUGA : International Program Teknik Industri UII Cetak Entrepreneur Muda

Sementara Eva Yuliasta mengatakan PT Jasa Raharja sebagai anggota holding asuransi BUMN (Badan Usaha Milik Negara). PT Jasa Raharja mendapat tugas mengelola dan melaksanakan program perlindungan dasar terhadap masyarakat yang bepergian menggunakan alat transportasi umum baik di darat, laut, dan udara. Perlindungan diberikan pada mereka yang menjadi korban kecelakaan alat angkutan umum dan lalu lintas jalan.

Kata Eva Yuliasta, salah satu upaya menekan angka kecelakaan, Jasa Raharja bekerjasama Kolaborasi Pencegahan Kecelakaan dengan Pemerintah, Pelaku Bisnis, Akademisi, Komunitas dan Media. "UII merupakan salah satu perguruan tinggi, yang melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) tentang Sinergi Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas, di Yogyakarta (2 Maret 2022)," kata Eva.

Adanya nota kesepahaman ini, Jasa Raharja bersama UII berupaya mengajak generasi muda untuk lebih peduli dan menjaga keselamatan diri sendiri dan sesama pengguna jalan raya. "Jasa Raharja berharap, kerjasama ini mampu meningkatkan literasi generasi milenial terkait budaya keselamatan berkendara di jalan raya," kata Eva. (*)

BACA JUGA : Milad 40, Teknik Industri UII 'Tebar Manfaat' Dampingi UMKM

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image