'KORSIMU' Inovasi Dosen UNISA, Kursi untuk Ibu Menyusui, Ini Keunggulannya

Info Kampus  
Ilustrasi seorang ibu sedang menyusui dengan KORSIMU. (foto :istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tiga dosen Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta berhasil menciptakan inovasi membuat Kursi Oksitosin Ibu Menyusui (KORSIMU). Sebuah kursi khusus yang memberikan kenyamanan bagi ibu dan bayinya karena mendapatkan pijatan oksitosin.

Ketiga dosen UNISA Yogyakarta adalah Dr Mufdlilah, SPd, SSi T, MSc; Dian Retnaningdiah, SE, MSi; dan Veni Fatmawati, SST Ft, MFis. KORSIMU telah mendapatkan hak paten sederhana dengan nomor IDS000005262 dari Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI), Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, tanggal 23 November 2022.

BACA JUGA : Dosen UNU dan UII Berkolaborasi Bantu Pengusaha Batik Miliki HaKI, Ini Tujuannya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Ketua Tim KORSIMU, Mufdlilah, selama ini, kursi bagi ibu menyusui tidak ergonomis dan menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Keadaaan ini dapat mengganggu proses produksi air susu ibu (ASI). Sebab ibu mudah lelah, nyeri pada bagian leher, punggung, dan pinggang.

Berdasarkan alasan tersebut, kata Mufdlilah, memunculkan ide untuk menciptakan kursi ibu menyusui yang nyaman. Dalam berinovasi, Mufdlilah dan kawan-kawan memperhatikan ergonomi kursi dengan bentuk tubuh sang ibu agar dapat memberikan kenyamanan saat menyusui.

“Rancangan dasar kursi yang ergonomis harus memperhatikan sudut pandang anatomi, fisiologi, dan biologis yang didasarkan pada antropometri,” tutur Mufdlilah di Yogyakarta, Sabtu (7/1/2023).

BACA JUGA : Tim PKM UAD Inisiasi Penyelesaian Sampah di Rumah Tangga, Ini Caranya

Saat ini, kata Mufdlilah, sudah ada produk kursi pijat dan kursi menyusui biasa. Manfaat kursi pijat hanya sebagai kursi relaksasi, sedangkan kursi menyusui biasa sebagai kursi untuk ibu menyusui.

"Tetapi KORSIMU, dapat membantu ibu dalam menyusui bayinya. Seorang ibu tidak hanya sekadar duduk untuk menyusui, melainkan mendapatkan fasilitas pijatan oksitosin," tandas Mufdlilah.

Dijelaskan Mufdlilah, manfaat pijatan oksitosin adalah memberikan kenyamanan pada ibu; mengurangi bengkak pada payudara (engorgement); mengurangi sumbatan ASI; merangsang pelepasan hormon oksitosin; dan mempertahankan produksi ASI ketika ibu dan bayi sakit.

Selain manfaat, KORSIMU juga memiliki keunggulan di antaranya, pertama, terdapat efek pijatan elektro yang berada di daerah sandaran kursi. Kedua, dilengkapi dengan audio MP3 yang dapat membantu relaksasi. Ketiga, desain kursi yang efesien dan ergonomis.

"KORSIMU sudah diuji coba pada enam ibu menyusui. Hasil penelitian didapatkan, empat dari enam ibu menyusui menyatakan ASI keluar lancar setelah menggunakan KORSIMU," kata Mufdlilah. (*)

BACA JUGA : Dosen UMY Ajak Marbot Masjid Manfaatkan Potensi Sungai dengan Program 'Merti Kali', Ini Caranya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected]

Berita Terkait

Image

Eric Jones : Kerjasama NIU-UWM untuk Aktualisasi Kemitraan Intelektual dan Pemimpin, Ini Sejarahnya

Image

Tips Memilih Jajanan Anak Sekolah Aman dan Sehat, Ini Saran Ahli Gizi Unisa

Image

Masyarakatkan Pembalut Kain, Siti Aminah Jadi Tokoh Inspiratif Nasional 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image