Dosen UNU dan UII Berkolaborasi Bantu Pengusaha Batik Miliki HaKI, Ini Tujuannya

Info Kampus  
Sakdiyah menjelaskan motif batik Wonosobo kepada Rifqi Syarif Nasrulloh dan Muchammad Sugarindra. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Dosen dan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta berolaborsi membantu pengusaha batik Wonosobo, Jawa Tengah memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HaKI). Selain itu, mereka juga mendorong pengusaha batik untuk memiliki katalog yang berisi tentang motif dan filosofinya agar batik memiliki nilai jual lebih tinggi.

Kedua dosen adalah Ir Muchammad Sugarindra ST, MT IPM, Dosen Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII dan Rifqi Syarif Nasrulloh SE, MM, Dosen UNU Yogyakarta. Mereka dibantu mahasiswa dari kedua perguruan tinggi.

BACA JUGA : Inovasi Baru Cap Batik Kertas untuk Hemat Beaya Produksi, Ini Cara Membuatnya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Sugarindra, PKM merupakan salah satu kewajiban dosen yang terangkum dalam Tri Dharma Dosen. Kegiatan ini merupakan wujud implementasi keilmuan civitas akademik pada dunia industri.

"Pengabdian kepada masyarakat ini mendampingi pengrajin batik di Desa Tawangsari, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah tentang pentingnya legalitas Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) untuk melindungi karya para pengrajin batik," kata Sugarinda.

Kegiatan ini, tambah Sugarinda, bertujuan mengedukasi pengrajin batik dan pendampingan pembuatan serta merencanakan filosofi motif dan merk. Sehingga batik Wonosobo dapat memiliki nilai jual yang tinggi berdasarkan ide yang ditemukan para pengrajin.

BACA JUGA : MTI UII Dampingi UKM Batik Omah Ngesti Pandowo Semarang

"Program pendampingan HaKI ini dilakukan secara bertahap untuk memfasilitasi pelaku UMKM klaster batik yang bergerak di Kabupaten Wonosobo untuk mendaftarkan hasil karyanya hingga terbit HaKI berupa motif dengan kearifan lokal khas Wonosobo," kata Sugarinda.

Sugarinda berharap jangan sampai hasil karya asli pengrajin batik Wonosobo diakui orang lain atau diperjualbelikan pihak tidak bertanggung jawab yang dapat merugikan pengrajin batik. Batik asli Kabupaten Wonosobo ini memiliki potensi pasar yang tinggi, sehingga alangkah baiknya apabila dalam pengembangannya dapat lebih dioptimalkan dengan melengkapi katalog yang berisi filosofi dari karyanya. "'Carica' menjadi motif batik yang sangat khas bagi pengrajin batik di Wonosobo," katanya.

BACA JUGA : Patung Craki, Apresiasi UGM pada Penjual Jamu Gendong, Ini Penjelasannya

Sedang Rifqi Syarif Nasrulloh mengatakan sangat menarik apabila para seniman batik memiliki katalog yang berisi filosofi dari masing-masing motif batik yang mereka buat. Sehingga ketika pameran berlangsung, orang yang datang tinggal membuka katalognya saja.

HaKI, tambah Rifqi, bertujuan untuk menghargai usaha dari jerih payah para seniman batik untuk melegalkan karyanya agar menjadi benda berharga dan memiliki nilai jual tinggi. "Hal-hal yang berkaitan dengan merk dan hak cipta motif dapat ditinjau dari kesiapan bisnisnya," kata Rifqi.

Sementara Sakdiyah, Ketua Paguyuban Batik Abhirama menyambut baik kegiatan pengabdian kepad masyarakat dosen UII dan UNU Yogyakarta ini. Setelah mengikuti kegiatan ini, ia menjadi tahu tentang pentingnya HaKI pada merek dan motif batik yang harus didaftarkan.

"Kami sangat senang dan berharap kegiatan serupa ini bisa berlangsung dan menghasilkan HaKI untuk motif batik kami. Kami menunggu kegiatan fasilitasi selanjutnya berupa pembuatan katalog untuk motif batik khas Wonosobo. Kami berharap pembuatan katalog ini bisa merangkul seluruh pengrajin batik yang mempunyai motif khas Wonosobo, sehingga karya kami bisa terdokumentasi dengan baik," harap Sakdiyah. (*)

BACA JUGA : Milad 40, Teknik Industri UII 'Tebar Manfaat' Dampingi UMKM

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image