UGM Perluas Zona Integritas WBK dan WBBM, Ini Tujuannya

Info Kampus  
Kampus UGM. (foto :istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ingin mewujudkan Lingkungan Kampus sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Bebas Birokrasi dan Melayani (WBBM). UGM telah menerapkan Zona Integritas WBK dan WBBM di Fakultas Teknik sejak tahun 2021 dan berhasil mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Untuk memperluasnya, UGM mengajak seluruh unit kerja bekerja sama dan saling mendukung dalam membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM. Sosialisasi diikuti perwakilan setiap Fakultas dan Sekolah di UGM.

BACA JUGA : UGM Perbanyak Kehadiran Korporat Mengajar di Kampus, Ini Tujuannya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua Tim Zona Integritas UGM yang juga Sekretaris Rektor UGM, Wirastuti Widyatmanti, SSi, PhD mengemukakan hal tersebut pada sosialisasi pembangunan zona integritas kampus di ruang Multimedia Kantor Pusat UGM, Jumat (27/1/2023). Sosialisasi juga dihadiri Sektertaris Komite Audit UGM, Prof Ir Suryo Hapsoro, PhD.

Menurut Wirastuti, pembangunan zona integritas kampus UGM diharapkan semakin memperkuat integritas pelayanan kepada publik. Wirastuti merasa optimis pembangunan zona integritas akan berjalan dengan baik. Sebab integritas telah menjadi budaya yang mengakar kuat di lingkungan UGM. "Saya yakin tidak sulit untuk membangun zona integritas karena integritas telah menjadi budaya di UGM," kata Wirastuti.

BACA JUGA : UGM Berikan Beasiswa kepada Mahasiswa Rp 206 Miliar/Tahun, Ini Perincianya

Sementara Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi, Arief Setiawan Budi Nugroho, ST, MEng, PhD, mengatakan pembangunan zona integritas di perguruan tinggi oleh pemerintah bertujuan untuk mendorong kampus-kampus mengeimplementasikan tata kelola perguruan tinggi yang baik dan bersih. UGM pada tahun 2021 menunjuk Fakultas Teknik sebagai zona integritas UGM dan berhasil memperoleh predikat WBK dari Korupsi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Arief Setiawan mengatakan ada banyak kendala maupun tantangan dalam mewujudkan unit kerja berintegritas. Namun ia meminta unit-unit kerja di UGM untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada.

Dalam sosialisasi tersebut dipaparkan penjelasan terkait pembangunan zona integitas oleh Wakil Ketua Tim Zona Integritas UGM, Ertambang Nahartyo, MSc, PhD. Untuk implementasi disampaikan praktik baik yang telah dilakukan oleh Fakultas Teknik UGM. Fakultas yang mempraktekan Zona Integritas UGM dan menerima perdikat WBK dari Kementerian PAN RB pada akhir tahun 2021 lalu. (*)

BACA JUGA : Rektor UGM : Lulusan Pascasarjana Harus Adaptif dan Kolaboratif, Ini Maksudnya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image