UGM Terima 41 Mahasiswa PMM dari Konsorsium Dekan FIB

Info Kampus  
Mahasiswa dari dalam dan luar negeri yang mengikuti PMM di FIB UGM. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (FIB UGM) Yogyakarta menerima 21 mahasiswa yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Konsorsium Dekan Fakultas Ilmu Budaya Se-Indonesia. Mereka berasal dari berbagai Fakultas Ilmu Budaya perguruan tinggi di Indonesia dan internasional.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FIB UGM, Dr Nur Saktiningrum, SS, MHum, mengatakan penerimaan mahasiswa PMM ini merupakan pertama kali bagi FIB UGM. Konsorsium Dekan FIB Se-Indonesia, merupakan konsorsium yang bertujuan untuk memajukan pendidikan dan penelitian Ilmu-ilmu Kebudayaan melalui kerjasama antara 16 FIB di seluruh Indonesia.

BACA JUGA : Mahasiswa UGM dan SUTD Singapura Kolaborasi Belajar Kelompok

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“FIB UGM menerima 21 mahasiswa dari sembilan kampus. Yaitu, Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Andalas (UNAND), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Udayana (UNUD),” kata Nur Saktiningrum kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat (10/2/2023).

Nur Saktiningrum menambahkan, selain menerima mahasiswa pertukaran antar-FIB, FIB UGM juga menerima 20 mahasiswa dari berbagai universitas di luar negeri. Mereka akan mempelajari kebudayaan Indonesia serta melakukan penelitian di berbagai bidang di Indonesia. “Mahasiswa berasal dari Korea, Jepang, Jerman, Ceko, Brunei, dan berbagai negara lainnya,” jelasnya.

Mahasiswa program pertukaran antar-FIB dan internasional ini sudah mengikuti Inbound Students’ Orientation (ISO) Meeting, di di FIB UGM, Rabu (8/2/2023). ISO Meeting dibuka Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FIB UGM, Nur Saktiningrum dan Kepala Kantor Urusan Internasional (OIA) UGM, I Made Andi Arsana, PhD.

Made Andi Arsana menyampaikan pesan agar para mahasiswa bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam kegiatan pertukaran mahasiswa ini. “Saya kira ini kesempatan unik bagi mahasiswa untuk dapat merasakan atmosfer Yogyakarta dan membangun relasi antar mahasiswa dari seluruh Indonesia dan dunia,” kata Made Andi Arsana. (*)

BACA JUGA : UAD dan Fatoni University Thailand Optimalisasi Manfaat Kerjasama

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image