YouSure UGM Berharap Menpora Baru Tingkatkan Kesejahteraan Pemuda

News  
Ario Bimo Nandito Ariotedjo saat dilantik presiden. (foto: istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Youth Studies Center (YouSure) atau Pusat Kajian Kepemudaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) mengharapkan Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dapat tingkatkan kesejahteraan pemuda. Selama ini Menpora lebih banyak fokus pada bidang olahraga saja.

Oki Rahadianto, Direktur YouSure mengungkapkan hal tersebut menanggapi pelantikan Dito Ariotedjo sebagai Menpora yang menggantikan Zainudin Amali, Selasa (4/4/2023). Dito Ariotedjo merupakan kader muda Partai Golkar yang saat ini masih berusia 32 tahun.

BACA JUGA : BEM KM UGM Gelar Talkshow dan Relaunching Paguyuban Desa Mitra

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Oki sangat penting, Menpora baru lebih memperhatikan kesejahteraan kaum muda secara holistis. "Tidak hanya kesejahteraan ekonomi, namun juga terpenuhinya kebutuhan sosial, kebebasan untuk berekspresi, termasuk terkait kesehatan mental. Kaum muda berhak untuk menjadi bahagia dalam menjalani masa transisi,” kata Oki.

Selain itu, tambah Oki, Menpora baru perlu lebih memperhatikan kesenjangan sosial baik antar generasi maupun intra-generasi. Upaya untuk mengurangi kesenjangan tersebut harus dilakukan, sebagai strategi maupun tujuan jangka panjang.

Menurut Oki semua cabang olahraga harus menjadi perhatian dari Menpora baru. Namun pemetaan ulang potensi olahraga bagi generasi muda baru penting dilakukan. “Sekali lagi, perhatiannya tidak hanya terkait prestasi olahraga. Namun juga bagaimana memberikan jaminan kesejahteraan bagi para atlet di masa sekarang dan di hari tua nanti,” tandasnya. (*)

BACA JUGA : Mahasiswa FEB UGM Juarai Student AsiaPac Case Competition 2023

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image