IKIP PGRI Wates Gelar PKKMB untuk Kelancaran Studi

Info Kampus  
Mahasiswa baru 2023 IKIP PGRI Wates saat mengikuti PKKMB. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- IKIP PGRI Wates, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Senin-Sabtu (11-16/9/2023). Kegiatan PKKMB dilaksanakan di Kampus Jalan KRT Kertodiningrat No 5, Gunung Gondang, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Senin-Jumat (11-15/9/2023).

Sedang Sabtu (16/9/2023) dilaksanakan penutupan dengan Malam Keakraban (Makrab) di Taman Wisata Hutan Pinus Becici, Dusun Munthuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY. Makrab dihadiri 182 mahasiswa baru dari Jurusan PGSD, Bimbingan Konseling, dan Sejarah. Selain itu, juga hadir perwakilan mahasiswa lama, para dosen dan karyawan serta pengurus Yayasan Pendidikan Lembaga PGRI Wates Kulonprogo.

BACA JUGA : 42 Mahasiswa Baru Asing UAD Berbaur Ikuti Program Pengenalan Kampus

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Ketua Panitia, Dr Faridl Musyadad, MPd PKKMB IKIP PGRI Wates mengangkat tema 'Madep Mantep Mengintip Masa Depan, Mewujudkan Tekad Pendidikan dan Kebudayaan.' Ada tiga tujuan yang hendak dicapai yaitu pertama, memperkenalkan sistem pembelajaran/perkuliahan dan kehidupan sivitas akademika di IKIP PGRI Wates.

Kedua, menanamkan dan memupuk kesadaran bela negara, berbangsa dan bernegara (Pancasila, UUD 1945, NKRI Bhinneka Tunggal Ika) serta peduli terhadap lingkungan alam sekitar. Ketiga, memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa sebagai kapital intelektual, bagi diri sendiri maupun untuk lingkungan dan bangsa.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kata Faridl Musyadad, panitia PKKMB memberikan materi-materi yang sesuai dengan tujuan. Di antaranya, pembinaan kesadaran bela negara, kehidupan berbangsa dan bernegara, gerakan nasional revolusi mental, sistem pendidikan tinggi di Indonesia, MBKM, pembinaan mahasiswa, nilai-nilai budaya, pendidikan karakter, kiat belajar yang efektif, kegiatan kemahasiswaan dan kewirausahaan.

Sementara Rektor IKIP PGRI Wates, Dr Sumpana MPd mengatakan PKKMB dan Makrab merupakan suatu agenda setiap tahun. Hal ini dimaksudkan agar semua sivitas akademika bisa mengetahui, mengerti memahami, tugas dan wewenang dan perannya masing- masing.

"Yayasan, dosen, karyawan, dan mahasiswa bisa bersinergitas, berkolaborasi serta membentuk teamwork. Sehingga bisa terwujud visi IKIP PGRI yang bermatabat dan berbudaya," kata Sumpana. (*)

BACA JUGA : Basuki Hadimuljono Semangati Mahasiswa Baru Teknik UGM

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image