Geo83 UGM Bakti Sosial Pembuatan Protesa Mata, Gigi dan Hidung di Klaten

News  
Warga Klaten yang menerima manfaat protesa mata dari Geo83 UGM. Foto sebelah kiri, sebelum protesa mata dipasang dan sebelah kanan setelah mengenakan protesa mata. .(foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Pembuatan protesa mata tiruan, gigi tiruan, dan hidung tiruan tidak terkover Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Kesehatan. Karena itu, Geo83 menggelar bakti sosial pembuatan ketiga protesa tersebut untuk masyarakat kurang mampu.

''Kami mengadakan bakti sosial untuk masyarakat kurang mampu di sekitar Kampus Geologi Lapangan, Kabupaten Klaten Jawa Tengah,'' kata Heri Budiarso, penanggungjawab Program Bakti Sosial (Baksos) Geo83 di Klaten, Selasa (26/9/2023).

BACA JUGA : Reuni 40 Tahun Geo83 UGM, Gelorakan Spirit Berbagi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Heri, pemilihan protesa mata, protesa gigi dan protesa hidung merupakan hasil kajian bersama antara Geo '83, Ikatan Prostodontia Indonesia (IPROSI) Yogyakarta, Fakultas Kedokteran Gigi UGM, Keluarga Alumni Kedokteran Gigi UGM (KAKGIGAMA) dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Klaten dan Pihak RSU Islam Klaten.

"Ketiga protesa tersebut merupakan kebutuhan masyarakat karena tidak disediakan (dicover) oleh BPJS Kesehatan. Sehingga bakti sosial ini lebih bermanfaat dan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan berfungsi bagi penerima manfaat," kata Heri.

Baksos protesa gigi, mata dan hidung, jelas Heri Budiarso, merupakan kegiatan berantai dari tiga tahap. Pertama, proses inventarisasi/seleksi calon pasien yang dilaksanakan pada pertengahan Juli-Agustus 2023. Kedua, proses pemeriksaan dimulai pada 13 Agustus 2023. Ketiga, proses pencetakan protesa gigi/mata /hidung pada pertengahan Agustus-pertengahan September 2023. Keempat, proses pemasangan protesa mata, gigi dan hidung mulai awal September sampai 24 September 2023.

BACA JUGA : Basuki Hadimuljono Semangati Mahasiswa Baru Teknik UGM

"Kami sebagai alumni Teknik Geologi UGM angkatan 83 sangat terharu atas terlaksananya Baksos protesa mata, gigi dan hidung karena dapat memperoleh pasien penerima bantuan sebanyak 58 orang, terdiri atas 54 protesa gigi, dua orang protesa mata dan dua orang protesa hidung dari Kabupaten Klaten," katanya.

Geo83, lanjut Heri, juga merasa bangga dapat memberikan tempat kegiatan untuk aktivitas bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (resident) UGM yang sedang mengambil program profesi. Mereka bersama para seniornya anggota IPROSI Yogyakarta menangani pasien langsung di lapangan dan rumah sakit. "Ini merupakan bentuk sinergi yang dapat mengharumkan Universitas Gadjah Mada," kata Heri.

Pada puncak acara Reuni 40 tahun Geo'83 UGM yang akan dilaksanakan Sabtu (30/9/2023) Geo83 mengundang Tim medis dan penerima bantuan protesa mata dan gigi untuk memberikan testimoni terhadap pelaksanaan Baksos. Wakil Alumni Geologi Angkatan 83 UGM mengharapkan bakti sosial ini dapat membuka wawasan bagi seluruh masyarakat, terutama perusahaan dan alumni UGM. Sebab masih banyak yang memerlukan bantuan sejenis dan IPROSI Yogyakarta serta RSU Islam Klaten siap berkoordinasi untuk mewujutkannya. (*)

Pemasangan protesa gigi. (foto : istimewa)

BACA JUGA : Geo83 UGM Goes to Campus, Berbagi Ilmu dan Pengalaman Kerja

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image