Dosen dan Tendik UGM Bantu Air Bersih Warga Tiga Kapanewon Gunungkidul

Info Kampus  
Penyaluran air bersih dari dosen dan Tendik UGM di Gunungkidul. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Komunitas Dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (28/9/2023), menyalurkan bantuan air bersih ke empat desa di tiga kapanewon wilayah Kabupaten Gunungkidul. Ketiga kapanewon yang menjadi sasaran penyaluran bantuan adalah Kapanewon Panggang, Saptosari dan Rongkop.

Ketua panitia Bakti Sosial UGM, Sudarmana, SH mengatakan bakti sosial yang dikemas dalam bentuk berbagi air bersih ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat Gunungkidul yang kesulitan mendapatkan air bersih. Momon, demikian ia akrab disapa, menyebutkan pihaknya mendistribusikan sebanyak 93 tangki air bersih yang akan didistribusikan secara bertahap di empat desa yakni di Giriharjo, Girisuko, Giripuro dan Girisubo.

BACA JUGA : UGM Salurkan 14.000 Liter Air Bersih untuk Warga Kekeringan di Magelang

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Kita perkirakan ada sekitar 120 kepala keluarga yang nantinya akan mendapat manfaat dari distribusi bantuan air bersih ini. Pembagian air bersih ini dimulai sejak 29 September kemarin hingga 8 Oktober mendatang. Kita laksanakan secara bertahap dan bergiliran,” kata Momon dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (29/9).

Dijelaskan Momon, saat ini, sebanyak 14 dari 18 kapanewon di wilayah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengalami krisis air bersih dan kekeringan akibat dampak kemarau berkepanjangan. Karena itu, komunitas dosen dan Tenik UGM berupaya meringankan beban masyarakat yang tinggal di lereng perbukitan yang terkenal kering dan tandus,

Momon berharap melalui aksi kemanusiaan dengan berbagi air bersih ini bisa mengurangi beban warga Gunungkidul yang mengalami krisis air bersih. Sebab selama musim kemarau masih berlangsung, masyarakat tetap masih membutuhkan bantuan air. “Selama ini warga banyak mengandalkan bak penampungan yang biasa untuk menampung air hujan. Selama kemarau, baknya kering,” katanya.

BACA JUGA : Yubita, Mahasiswi Disabilitas UGM Dapat Bantuan Kaki Palsu Baru

Sadu, Dukuh Baros Lor, Desa Monggol, Kapanewon Saptosari, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas bantuan air bersih yang diberikan UGM. “Saya mewakili padukuhan Baros Lor menyampaikan ucapan terima kasih bantuan yang diberikan oleh Bapak Ibu. Semoga menjadi ladang amal bagi bapak Ibu. Bantuan ini sangat berharga sekali dan sangat bermanfaat bagi warga kami,” kata Sadu.

Wasinem (60), warga Baros Lor, Saptosari, mengaku sangat bersyukur adanya bantuan air bersih. Menurutnya untuk kebutuhan satu tangki air bersih bisa digunakan hingga 3-4 kepala keluarga yang bisa digunakan selama dua bulan. “Saya senang sekali dan menyampaikan ribuan terima kasih karena sudah dibantu oleh bapak ibu semua,” kata Ibu dua anak ini.

Jack Haryanto, MM, anggota komunitas peduli air bersih UGM lainnya menuturkan pemberian bantuan air bersih semacam ini akan selalu rutin dilakukan mengingat kemarau diprediksikan akan berlangsung hingga November mendatang. Menurut Jack Haryanto, kegiatan aksi dan peduli kemanusiaan ini diharapkan bisa meringankan warga masyarakat Gunungkidul yang dikenal selalu mengalami kesulitan mendapatkan air bersih saat musim kemarau. “Kita juga mengajak masyarakat luas juga bisa ikut peduli dan membantu warga kita di Gunungkidul,” kata Jack. (*)

BACA JUGA : Mendag Serahkan Bantuan Biaya Pendidikan kepada UAD

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image