UI Gelar Biology Summer School 2023 bagi Mahasiswa Asing

Info Kampus  
Peserta UI Creates: Biology Summer School 2023. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia (UI) menggelar UI Creates: Biology Summer School 2023. Kegiatan ini dirancang untuk mewadahi rasa keingintahuan dan aspirasi profesional mahasiswa dari berbagai latar belakang, yaitu mereka dengan minat yang tinggi terhadap ilmu biodiversitas dan fungsi ekologi dengan kombinasi ilmu sosial.

Kepala Departemen Biologi FMIPA UI, Anom Bowolaksono, PhD, menjelaskan Biology Summer School ini diikuti 21 mahasiswa asing dari jenjang S1 dan S2. Mereka berasal dari Universiti Malaya, Tokyo Metropolitan University, Tohoku University, Osaka University, dan lima mahasiswa dari UI.

BACA JUGA : Teknik Sipil UII Miliki Program Unggulan, Summer School Kebencanaan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lebih lanjut Anom Bowolaksono menjelaskan UI Creates: Biology Summer School 2023 diselenggarakan dalam dua tahap, secara Daring dan Luring. Tahap Daring dilaksanakan sebanyak tujuh pertemuan, 4 Juli hingga 25 Juli 2023. Tahap ini berisi materi-materi pengenalan mengenai biodiversitas serta prospeksinya. Materi dalam tahap Daring disampaikan oleh Departemen Biologi FMIPA UI.

Sedang kegiatan Luring berlangsung 1-6 Agustus 2023. Pada hari pertama dan kedua tahap Luring, tim UI Creates FMIPA UI memperkenalkan peserta seputar UI. Di antaranya, peluang-peluang yang ditawarkan UI kepada mahasiswa internasional, fasilitas, hingga kesempatan yang dapat diambil oleh mahasiswa.

Program kultural, kata Bowolaksono, juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan internasional ini. Kegiatan ini juga mengenalkan keberagaman budaya di Indonesia kepada para mahasiswa, khususnya mahasiswa asing.

Kebudayaan yang diperkenalkan adalah pakaian adat dari beberapa daerah di Indonesia. "Dr Eko Aditiya Meinarno, SPsi, MSi, sebagai salah seorang narasumber dalam sesi ini juga mengenakan pakaian adat Jawa Tengah saat menyampaikan materi, lengkap dengan beskap dan blangkon," kata Bowolaksono.

BACA JUGA : 42 Mahasiswa Baru Asing UAD Berbaur Ikuti Program Pengenalan Kampus

Permainan tradisional seperti congklak, makanan, dan kopi khas daerah di wilayah Indonesia seperti kopi toraja, kopi lampung, dan kopi medan juga turut diperkenalkan khususnya kepada mahasiswa asing. Hal ini dimaksudkan agar mereka lebih mengenal budaya Indonesia.

Sebagai kenang-kenangan, Eko membagikan kopi tersebut kepada mahasiswa asing. Di hari berikutnya, peserta diajak ke Kepulauan Seribu untuk melihat secara langsung kondisi biodiversitas Indonesia serta potensi ekowisatanya.

Kegiatan berupa fieldwork atau kerja lapangan dilakukan di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Pramuka dan Pulau Panggang. Selama empat hari, 3-6 Agustus 2023, peserta mendapat materi mengenai biodiversitas dan ekowisata Kepulauan Seribu.

Peserta, tambah Bowolaksono, dibagi menjadi beberapa kelompok yang ditugaskan untuk merancang penelitian yang berkaitan dengan kondisi alam ataupun kondisi sosial masyarakat di daerah tersebut. Di sana, para mahasiswa melakukan survei dengan mewawancara warga untuk memperoleh data kondisi sosial masyarakat.

BACA JUGA : UAD Berikan Pembekalan terhadap Mahasiswa Internasional

Hasil survei menunjukkan adanya keragaman faktor sosial-ekonomi warga terhadap potensi ekowisata Kepulauan Seribu. Di sana, peserta juga mendapat pengetahuan mengenai sejarah, kondisi pendidikan, hingga kekayaan laut Kepulauan Seribu.

Dekan FMIPA UI, Dede Djuhana, PhD, mengatakan kegiatan UI Creates ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk peserta. Kegiatan ini bukan hanya untuk memperkaya perspektif di bidang biologi, tetapi juga memperluas wawasan tentang bahasa dan budaya Indonesia yang terintegrasi dalam program ini.

"Kami mendorong semua peserta untuk memaksimalkan setiap peluang yang program ini tawarkan, mulai dari ruang lingkup akademis dan sosial kampus hingga fakultas,” kata Dede Djuhana. (*)

BACA JUGA : Mahasiswa Asing UGM Ikut Tingkatkan Kesehatan Lingkungan di Kulonprogo

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image