Mahasiswa Unsoed Berhasil Deteksi Gen MYB Pembentuk Warna Aglaonema

Teknologi  
Aglaonema dengan berbagai warna. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Eksakta (PKM-RE) Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, berhasil mendesain primer spesifik untuk mendeteksi gen MYB Aglaonema. Gen MYB sebagai regulator biosintesis antosianin pembentuk pola warna pada Aglaonema.

Tim PKM-RE Wita Yuningsih (Ketua), Adin Heriyan Nugroho (Agroteknologi 2020) dan Khansa Nabilah (Agroteknologi 2021) Fakultas Pertanian Unsoed. Mereka melakukan penelitian Bulan Agustus hingga November 2023 di bawah bimbingan dosen Eka Oktaviani, SSi, M.Biotech.

BACA JUGA : Ekstrak Daun Kopi Dapat Kendalikan Pembusukan Akar Cabai, Temuan Mahasiswa UNY

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wita Yuningsih mejelaskan penelitian ini mengangkat topik Konstruksi Primer Spesifik untuk Deteksi Gen MYB sebagai Regulator Biosintesis Antosianin Pembentuk Pola Warna pada Aglaonema. Tujuannya, untuk mendapatkan primer spesifik terhadap gen MYB Aglaonema serta memperoleh sekuens gen MYB dan sekuens protein MYB.

Wita Yuningsih menambahkan penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat permintaan tanaman Aglaonema yang tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan warna-warna Aglaonema yang bervariasi sehingga lebih menarik perhatian.

Warna merah pada Aglaonema menjadi daya tarik bagi pembudidaya florikultura. Warna ini dikendalikan antosianin yang dikode oleh gen MYB. "Namun, sejauh ini pengembangan primer untuk deteksi gen MYB sebagai regulator biosintesis antosianin Aglaonema belum dilakukan secara masif," kata Wita.

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Ekstrak Mikroalga untuk Obat Luka Penderita Diabetes

Penelitian, kata Wita, diawali dengan studi literatur dan pencarian sekuens gen pada NCBI (National Center for Biotechnology Information) dan mendesain primer menggunakan Integrated DNA Technologies (IDT). Tiga aksesi Aglaonema dilakukan isolasi DNA dan amplifikasi menggunakan primer yang sudah didesain.

Pita DNA yang muncul dengan visualisasi menggunakan UV transilluminator menunjukkan bahwa primer yang didesain berhasil mendeteksi gen MYB. Penelitian mendapatkan hasil dua dari tiga primer yang didesain berhasil mendeteksi gen MYB pada Aglaonema. Temuan ini menjadi awalan untuk mengidentifikasi sekuens gen MYB dan protein MYB dengan ilmu bioinformatika.

"Primer spesifik yang ditemukan diharapkan dapat menjadi acuan dalam penelitian berikutnya. Sekuens gen MYB dan protein MYB pada Aglaonema juga diharapkan dapat menjadi data baru di NCBI," harap Wita. (*)

Tim mahasiswa Unsoed yang meneliti Aglaonema. (foto : istimewa)

BACA JUGA : Penelitian Mahasiswa UGM, Ganggang Spirulina Jadi Penurun Kolesterol Daging

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image