Dua Pendamping Halal Center UNSOED Raih Penghargaan Nasional

Info Kampus  
Pendamping Proses Produk Halal (P3H) Halal Center UNSOED memperlihatkan penghargaan yang diraihnya. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Dua Pendamping Proses Produk Halal (P3H) Halal Center UNSOED, Abid Rosadi MPd dan Widi Widayat SP meraih penghargaan nasional. Mereka mengikuti lomba pendampingan proses produk halal diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag).

Ketua Halal Center UNSOED Prof Poppy Arsil, STP, MT, PhD mengatakan Abid Rosadi dan Widi Widayat layak diusulkan mengikuti lomba. Sebab keduanya memiliki prestasi kinerja yang sangat memuaskan. Keduanya dikenal sebagai P3H yang cukup gigih dan selalu semangat dalam mendampingi pelaku usaha untuk memperoleh sertifikat halal selalui jalur self declare.

BACA JUGA : Mahasiswa Unsoed Latih Warga Desa Beji Tanam Hidroponik

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurutnya, Abid Rosadi merupakan Tenaga Pendamping Koperasi Penyaluran Dana Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (PK2UMK), Dinkopukm Purbalingga. Abid Rosadi melakukan pendampingan utamanya di Kabupaten Purbalingga.

“Abid berusaha memberdayakan UMKM dan anggota Koperasi Binaan yang punya produk dan belum punya legalitas untuk segera membuat legalitas usaha supaya dapat mengakses pendaftaran sertifikat halal,” kata Poppy Arsil.

Abid berkolaborasi dengan pendamping kecamatan, Program Keluarga Harapan (PKH), dan pendamping desa yang memiliki binaan untuk bisa diselenggarakan penyuluhan sertifikat halal oleh pendamping halal. Tujuannya agar pendampingan bisa lebih maksimal karena para binaan sudah akrab dan terpercaya bagi pendamping.

“Abid diusulkan dalam kategori pendamping inovatif karena melihat track-recordnya dalam mendampingi pelaku usaha dan sering memberikan solusi kepada sesama pendamping. Salah satu inovasi dan ide-ide kreatif lain yang dilakukan oleh Abid adalah membantu pelaku usaha dalan tampilan produk,” kata Poppy.

BACA JUGA : Mahasiswa Unsoed Berhasil Deteksi Gen MYB Pembentuk Warna Aglaonema

Sedang Widi Widayat diusulkan dalam kategori pendamping aktif dengan pertimbangan kerja keras yang sudah dilakukan selama mendampingi pelaku usaha di lapangan. Menurut Poppy, Widi dikenal sebagai pendamping yang tak kenal menyerah saat melakukan proses pendampingan sertifikasi halal, walaupun lokasi pelaku usaha jauh dan akses jalannya susah namun tetap semangat untuk melakukan proses pendampingan terhadap pelaku usaha untuk memperoleh sertifikat halal.

“Baik Abid Rosadi dan Widi Widayat bergabung dengan Halal Center UNSOED pada tahun 2022. Dalam lomba pendampingan proses produk halal, Abid Rosadi berhasil memperoleh hadiah ponsel, sedangkan Widi Widayat memperoleh hadiah tabungan,” kata Poppy.

Lomba pendampingan proses produk halal diikuti 36 Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) dari seluruh wilayah Indonesia. Kategori lomba adalah 1) pendamping inspiratif terbaik, 2) pendamping inovatif terbaik, dan 3) pendamping aktif terbaik. Persyaratan P3H yang diusulkan adalah pendamping yang telah berhasil memproses pendaftaran sertifikasi halal minimal 250 sampai 31 Agustus 2023. (*)

BACA JUGA : Mahasiswa Unsoed Ekstrak Daun Sintrong Jadi Penghilang Bau Badan

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image