UNY Turunkan Dua Mobil di Kontes Mobil Hemat Energi 2023 di Jakarta

Teknologi  
Dua mobil hemat energi kreasi mahasiswa UNY yang akan tampil di KMHE 2023. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tim Garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menurunkan dua mobil pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) di Ancol Jakarta, Sabtu - Jumat (28/10-3/11/2023). Dua mobil yang diterjunkan pada KMHE adalah Garuda UNY Eco Team I di kelas Urban Concept MPD Etanol dan Garuda UNY Eco Team II di kelas Urban Concept Motor Listrik.

Dosen pendamping Tim Garuda UNY, Dr Sutiman, mengatakan hari Senin (30/10/2023), dilakukan technical inspection atau pengecekan kendaraan. “Race atau perlombaannya dilakukan pada Selasa dan Rabu besok. Kami berharap mendapat yang terbaik” kata Sutiman di Jakarta, Senin (30/10/2023).

BACA JUGA : Pesawat Flywing Mahasiswa UNY Berbahan Komposit Serat Rami

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Sutiman, Tim Garuda UNY bisa tampil di KMHE 2023 setelah lolos seleksi administrasi, laporan desain kendaraan, dan video virtual technical inspection secara daring (online). Seleksi yang diikuti berbagai perguruan tinggi ini memilih 60 tim finalis.

Tim finalis, tambah Sutiman, akan mengikuti lomba di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta. JIEC memiliki 18 tikungan yang bentuknya seperti kuda lumping searah jarum jam dan dibangun di tanah seluas 35 hektare dengan panjang lintasan 2,4 kilometer.

Tim Garuda UNY membawa dua mobil berbasis energi terbarukan. Pertama, Garuda UNY Eco Team I di kelas Urban Concept MPD Etanol dengan manager Irvanda Sri Purwanto, mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik. Kedua, Garuda UNY Eco Team II di kelas Urban Concept Motor Listrik yang diketuai mahasiswa Prodi D4 Mesin Otomotif Fakultas Vokasi, Sultan Muhammad Yusuf. "Kedua mobil yang berkompetisi menggunakan renewable energy sebagai bentuk pengembangan teknologi bahan bakar," jelas Sutiman.

BACA JUGA : Laptop Shield untuk Reduksi Radiasi EMF Inovasi Mahasiswa UNY

Sutiman menjelaskan ada dua alasan Tim Garuda UNY mengikuti KMHE. Pertama, kesadaran mahasiswa sebagai agent of change untuk berpartisipasi aktif dalam upaya penanggulangan krisis energi dunia. Kedua, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong generasi muda bangsa, terutama para mahasiswa untuk melahirkan teknologi otomotif yang hemat energi dan bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

KMHE, kata Sutiman, merupakan sebuah lomba kendaraan yang fokus pada penghematan bahan bakar tingkat nasional. Lomba ini diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sebagai tuan rumah.

Sementara dosen pembimbing yang lain, Dr Zainal Arifin mengharapkan Tim Garuda UNY mampu membawa pulang hasil yang memuaskan sesuai yang diharapkan. “Juara harga mati, juara adalah tradisi kita,” kata Zainal Arifin. (*)

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Kembangkan Teknologi Filtrasi Kurangi Zat Besi Air Tanah

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image