Global Partnership Fair UNY, Pamerkan Produk Penemuan Penelitian

Info Kampus  
Pintu Gerbang masuk Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan menggelar Global Partnership Fair (Gloship Fair) atau pameran produk penemuan penelitian dan inovasi. Gloship Fair diselenggarakan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha UNY, Rabu-Kamis (8-9/11/2023).

Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha Prof Margana mengatakan kegiatan ini bertujuan mendorong terbangunnya jejaring kemitraan yang kuat antara UNY dan pihak-pihak lain. Sehingga akan terwujud kolaborasi yang konkret berupa produk penemuan penelitian dan inovasi.

BACA JUGA : Tim Garuda UNY Raih Tiga Gelar Juara di KMHE 2023

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Selain itu, kegiatan ini juga dirancang untuk mempromosikan produk-produk penemuan penelitian, inovasi, dan berbagai layanan yang dapat ditawarkan UNY kepada mitra-mitra sebagai bentuk implementasi kerja sama” kata Margana.

Gloship Fair, kata Margana, ada diskusi, showcase, talkshow, dan sharing session. Sesi ini memberikan kesempatan pada para mitra untuk saling belajar dan berbagi pengalaman terkait berbagai isu penting. Hal ini dimaksudkan untuk pengembangan lembaga masing-masing ke depannya, terutama dalam bidang riset, kerjasama, sistem informasi, dan usaha.

Sedang Ketua Panitia Gloship Fair Dr Darmono mengatakan kegiatan ini muncul sebagai platform yang dirancang untuk memfasilitasi pertemuan dan kemitraan antara berbagai pemangku kepentingan. Mereka yang terlibat meliputi perguruan tinggi, industri, organisasi nirlaba, pemerintah, media massa, sekolah, dan individu yang memiliki minat serupa.

“Dalam acara ini dipromosikan pertukaran ide, pengalaman, dan praktik terbaik, serta didorong terjadinya kolaborasi konkret dalam rangka menciptakan perubahan positif,” kata Darmono.

BACA JUGA : UNY dan UPM Kolaborasi PkM KI Tingkatkan Kompetensi Guru SD

Sehingga, tambah Darmono, para pemangku kepentingan dapat saling terhubung dan dapat terdukung. Terutama, dalam upaya mencari solusi, mempromosikan keberlanjutan, dan mendukung pertumbuhan dan kemajuan yang bermanfaat bagi masyarakat global secara keseluruhan.

Sementara Wakil Ketua Panitia Gloship Fair Dr Nunik Sugesti menjelaskan kegiatan ini terbagi menjadi dua bagian yaitu pameran dan diskusi. “Materi diskusi mengenai mengembangkan kolaborasi yang efektif dalam penelitian serta strategi kolaborasi global yang efektif untuk kemitraan berkelanjutan” kata Nunik.

Kata Nunik, talkshow akan mengangkat tema media sosial dan artificial intelligence dalam penguatan kolaborasi berkelanjutan. Sedang sharing session akan membahas tentang strategi menghasilkan pendapatan untuk mendukung universitas. "Sasaran kegiatan ini adalah perguruan tinggi negeri dan swasta kategori Satker dan BLU, instansi pemerintah, sekolah, masyarakat umum, dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja serta media massa," kata Nunik.

Kegiatan ini, tambah Nunik, dimeriahkan dengan pameran di Auditorium UNY. Pameran bertujuan mensosialisasikan produk-produk unggulan UNY yang dapat dinikmati semua warga masyarakat di DIY dan sekitarnya. (*)

BACA JUGA : Mahasiswa UNY Latih Warga Mororejo Olah Aloevera Jadi Dawet

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image