Mahasiswa UGM Buat Detergent dari Belimbing Wuluh, Ramah Lingkungan

Teknologi  
Paper GenB, detergent dari blimbing wuluh, inovasi mahasiswa UGM yang sudah dipasarkan. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil mengolah blimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) menjadi detergent. Produk inovasi lima mahasiswa yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) UGM tersebutr diberi nama Paper GenB.

Kelima mahasiswa adalah Rizqa Irma Widayati, Pangestu Arum Pratiwi, Nadia Ramadhani (Kimia), Aufa Nasywa Rahman dan Afix Vega Praditya (Teknologi Informasi). Ide ini dilatarbelakangi detergent sintetis/kimia bisa mencemari lingkungan. Sebab kandungan zat kimia dalam detergent bisa menyebabkan kematian organisme di air, mencemari eksosistem hingga membahayakan kesehatan manusia.

BACA JUGA : Sudah Dipasarkan, Inovasi Mahasiswa UGM Olah Cangkang Telur Jadi Pupuk Gama Organic

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain itu, kata Ketua Tim PKM-K UGM, Rizqa Irma Widayati, penggunaan detergent sintetis juga menyisakan persoalan limbah sampah plastik dari bungkus detergent. “Kami prihatin dengan persoalan lingkungan yang ditimbulkan dari pemakaian detergent sintetis. Oleh sebab itu, kami membuat detergent yang eco-friendly dan biodegradable dengan menerapkan prinsip zero waste,” kata Rizqa.

Rizqa mengatakan Paper GenB ini hadir sebagai salah satu produk inovasi detergen ramah lingkungan. Produk ini dibuat dengan menggunakan belimbing wuluh sebagai bahan dasarnya. Pemilihan buah tersebut sebagai bahan dasar karena blimbing wuluh mengandung senyawa yang bisa dimanfaatkan sebagai detergent alami dan tentunya ramah lingkungan. “Blimbing wuluh memiliki kandungan senyawa saponin yang bisa dimanfaatkan sebagai busa alami pada detergen dan aman bagi lingkungan,” kata Rizqa.

Produk ini menghasilkan sedikit busa karena dibuat dari bahan alami. Dengan begitu, produk tidak mengiritasi kulit dan tidak mencemari ekosistem perairan.

BACA JUGA : ADEM, Alat Pendeteksi Suhu Kandang Ayam Broiler, Inovasi Mahasiswa UGM

Produk ini, tambah Rizqa, dikembangkan dalam bentuk lembaran (sheet) dengan kemasan yang mudah terurai dan didaur ulang. Meski dikemas dalam bentuk lembaran kertas, berbeda dengan produk detergent yang umumnya berbentuk cair atau serbuk.

Produk ini mudah larut dalam air dan terbukti bisa dipakai untuk mencuci pakaian. Produk ini juga dengan dilengkapi kode QR terintegrasi website sebagai sarana edukasi, komunikasi, dan pembelian. “Paper GenB dapat digunakan pada segala macam pencucian baik secara manual, mesin cuci top load, maupun mesin cuci front load,” jelasnya.

Paper GenB sudah dipasarkan di sejumlah marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan website resmi papergenb.com. Untuk satu pak Paper GenB berisi 30 sheet dijual dengan harga Rp 35.000. (*)

Tim PKM-K Paper GenB. (foto : istimewa)

BACA JUGA : Melon Hikapel atau Handy Melon, Inovasi Pakar UGM, Ini Penampakannya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image