Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Digitalisasi Jamu

Gaya Hidup  
Peluncuran Aplikasi Literasi Jamu. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan digitalisasi jamu. Hal ini ditandai dengan soft launching aplikasi Literasi Jamu Digital, Selasa (14/11). Aplikasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap jamu.

Ketua tim pengembang aplikasi Literasi Jamu Digital sekaligus Dosen Fakultas Farmasi UGM, Dr rer nat apt Yosi Bayu Murti, MSi, mengatakan pengembangan aplikasi ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kehadiran aplikasi ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat tentang jamu dan pengobatan tradisional Indonesia yang berbasis dari pengetahuan digital dengan dukungan kajian ilmiah.

BACA JUGA : Dosen UGM Kembangkan Aplikasi SatuJantung untuk Selamatkan Penderita Henti Jantung

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Pengembangan aplikasi ini tidak hanya berfokus pada obat tradisional, tapi kita juga sudah ada dukungan scientific, terutama masalah kebenaran bahan, karena itu adalah masalah keamanan. Jangan sampai masyarakat salah menentukan jenis bahan obat dan tidak bisa membedakannya, sehingga itu yang menjadi target kita," kata Yosi Bayu Murti.

Yosi memaparkan digitalisasi jamu dilakukan untuk mendokumentasikan jamu yang merupakan budaya warisan nenek moyang. Digitalisasi juga akan mempermudah tenaga kesehatan maupun masyarakat dalam mempelajari dan menemukan berbagai macam informasi seputar jamu. Misalnya, proses pembuatan ramuan, alat-alat tradisional dalam pembuatan jamu, resep-resep kuno, serta pemanfaataan jamu untuk pengobatan tradisional dalam upaya menjaga kesehatan sekaligus sebagai upaya melestarikan budaya.

“Digitalisasi literasi jamu merupakan transformasi basis data informasi terkait literasi jamu, bahan baku, alat dan cara pembuatan dan bentuk sediaan jamu dalam bentuk audio-visual interaktif. Nantinya masyarakat bisa mengaksesnya di Museum Sonobudoyo dan Taman Pintar Yogyakarta melalui papan interaktif,” kata Yosi.

BACA JUGA : UI Tingkatkan Kesejahteraan Lansia dengan Aplikasi 'Lantera'

Sebagai wadah dari basis data informasi tersebut, lanjut Yosi, disediakan aplikasi teknologi informasi interaktif yang mudah dipahami dan dikemas dengan menarik. Dikembangan dengan konten utama berupa tumbuhan obat dan simplisia, naskah kuno terkait jamu, pembuatan jamu, dan konten video terkait jamu.

Sedang Dekan Fakultas Farmasi UGM, Prof Dr apt Satibi, MSi, mengatakan peluncuran aplikasi Literasi Jamu Digital menjadi bukti nyata upaya Fakultas Farmasi UGM dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya dalam bidang kesehatan. Satibi berharap adanya digitalisasi jamu dapat memudahkan masyarakat untuk bisa mengkases beragam infromasi terkait jamu yang ada di Indonesia. “Harapannya nanti bisa dikembangkan lagi agar bisa lebih mengglobal lagi,” kata Satibi.

Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama dan Alumni Fakultas Farmasi UGM, Dr rer nat apt Nanang Fakhrudin menyampaikan digitalisasi literasi jamu ini adalah salah satu upaya peningkatan kesehatan masyarakat kaitannya dengan pengenalan digitalisasi jamu tradisioanl agar warisan budaya ini tidak hilang. Hal tersebut relevan dengan tujuan SDGs yaitu kaitannya dengan peningkatan kesehatan masyarakat, mencegah penyakit, dan menjaga kebugaran sesuai dengan tujuan global.

Peluncuran aplikasi Literasi Jamu Digital dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Marriot Hotel Yogyakarta. Softlaunching Literasi Jamu Digital dilakukan Ditjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Asisten Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat Direktur Kementerian Kesehatan RI, Wakil Gubernur DIY, Dekan Fakultas Farmasi UGM, dan Kepala Dinas Kesehatan DIY. (*)

BACA JUGA : Aplikasi Telemedicine Permudah Masyarakat Dapatkan Layanan Kesehatan

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image