Jurusan di UMY yang Cocok Bagi Calon Mahasiswa Suka Game

Opini  

Oleh : Miqdad Aufa Nashrullah *)

Di zaman teknologi yang semakin modern ini membuat peradaban semakin maju, termasuk industri game. Hampir seluruh kalangan menyukai video game yang didukung inovasi teknologi terkini.

Melihat data penikmat game di belahan dunia, bisa dibilang industri game tak akan pernah mati. Bahkan diprediksikan terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. Produsen game terus melakukan inovasi agar industrinya tetap hidup dan juga untuk memenuhi keinginan para gamer.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Melihat industri yang semakin eksis ini juga membuat e-Sports mengalami perkembangan secara global yang cukup pesat. Melansir dari situs esports,id, e-Sports atau Electronic Sports merupakan salah satu jenis olahraga yang menggunakan media elektronik seperti komputer, handphone, playstation, dan konsol game lainnya sebagai medianya. Ada banyak genre game dalam e-Sports yang dilombakan dalam turnamen mulai dari skala komunitas kecil, nasional, hingga tingkat dunia.

Saat ini e-Sports menjadi salah satu komunitas game terbesar di dunia, tidak hanya menjadi sebuah komunitas para gamer. Tetapi e-Sports bisa dibilang menjadi bisnis yang menjanjikan di era modern ini.

Sudah mulai banyak universitas atau perguruan tinggi yang turut serta menunjang komunitas e-Sports tersebut dengan memberikan pendidikan seputar dunia game.

Nah, buat calon mahasiswa yang akan masuk kampus dan memiliki hobi bermain game, ada dua jurusan yang cocok di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yaitu Jurusan Komunikasi dan Jurusan Broadcast/Penyiaran.

Jurusan Komunikasi

Jurusan ini akan mengajarimu tentang bagaimana menumbuhkan ide-ide kreatif serta teknik berkomunikasi yang baik dan menarik. Selain itu, Jurusan Komunikasi juga mengajarkan hal yang berkaitan dengan e-Sports. Peluang kerja untuk terjun kedalam komunitas e-Sports banyak sekali. Di antaranya, menjadi shoutcaster tournament, host, dan masih banyak lagi.

Jurusan komunikasi memang terkenal bagi siapa saja yang ingin terjun ke dalam industri kreatif, seperti e-Sport. Segala pelajaran yang kamu dapat akan sangat berguna dan mendukung bagi yang ingin terjun ke industri ini. Kamu bisa mendapatkan semua materi ini di Jurusan Komunikasi UMY.

Kenapa harus masuk komunikasi UMY? Karena jurusan ini telah terakreditasi A dan sukses mempertahankannya selama enam tahun. Banyak fasilitas pendukung seperti studio fotografi, studio radio, dan laboratorium penunjang lainnya. Banyak lulusan yang telah sukses, di antaranya Yusril Fahriza, aktor terkenal yang telah sukses bermain dalam banyak film terkenal.

Jurusan Broadcast/Penyiaran

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) juga memberikan pendidikan tentang game. Jurusan KPI UMY yang baru saja mendapatkan Akredatisi Unggul menyediakan fasilitas penunjang seperti laboratorium dan studi broadcasting yang mendukung pembelajaran.

Nah, saat kamu memasuki Jurusan Broadcast kamu akan mempelajari bagaimana cara memproduksi sebuah program acara yang menarik, baik itu untuk acara berita atau non berita pada media massa. Media yang dimaksud di sini bisa televisi atau media digital lainnya.

Nah, e-Sports sudah lama menggunakan media digital sebagai platform untuk menyiarkan acara yang dilaksanakan dan juga memproduksi berbagai macam konten digital. Tentu saja e-Sports membutuhkan tenaga kerja yang kompeten di bidang broadcasting.

Ilmu mengenai teknik pengambilan gambar, angle gambar, teknik pencahayaan yang dipelajari di Jurusan Broadcast akan sangat berguna dalam industri semacam ini. Selain itu kamu juga bisa menjadi reporter. Semua pelajaran yang kamu dapatkan dari jurusan ini akan sangat menunjangmu bila nantinya masuk ke industri kreatif.

Nah, itu informasi singkat mengenai kampus UMY yang menyediakan jurusan yang berhubungan dengan dunia game. Industri game saat ini menciptakan banyak potensi peluang kerja baru yang bisa digunakan sebagai pata pencaharian utama. Namun, untuk dapat masuk ke industri ini, kita dituntut untuk mempunyai keahlian serta daya saing dalam hal menciptakan produk agar dapat bersaing di tengah pasar yang sedang naik daun ini.

*) Miqdad Aufa Nashrullah adalah mahasiswa KPI UMY Angkatan 2018

Mahasiswa KPI UMY sedang membuat materi penyiaran/broadcast. (foto : istimewa)
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image