12 Mahasiswa Fakultas Pertanian UGM Ikuti Program MBKM Teliti Bibit

Teknologi  
Mahasiswa Fakultas Pertanian UGM yang mengikuti program MBKM di PT SHS Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Sebanyak 12 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) penelitian dan magang. Program ini dilaksanakan bersama PT Sang Hyang Seri (SHS) dalam upaya mendukung program Kedaulatan Pangan.

Dijelaskan Dekan Fakultas Pertanian UGM, Jaka Widada PhD, pelaksanaan MBKM yang kolaborasi riset dengan PT SHS memberikan manfaat bagi mahasiswa dan dosen. Di sisi lain, dengan kerja sama ini membuka peluang bagi dunia usaha untuk mengadopsi inovasi yang dimiliki perguruan tinggi dan bersama-sama mengembangkan inovasi baru guna meningkatkan produktivitas pangan.

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Kembangkan Genteng Pintar Bertenaga Surya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebab, keberhasilan peningkatan produktivitas pangan strategis akan menjadi model dan dapat memberikan kontribusi nyata mendukung pencapaian kedaulatan pangan nasional. “Kami sangat mengapresiasi atas kesedian kerja samanya,” kata Jaka Widada di Kampus Fakultas Pertanian UGM, Jumat (26/8/2022).

Kerja sama ini, lanjut Widada, merupakan tindak lanjut memoradum of understanding (MoU) bidang Tridarma Perguruan Tinggi antara UGM dan PT SHS yang telah ditandatangani awal tahun 2022 lalu. Kerja sama meliputi penelitian komoditas pangan strategis yang diwujudkan dengan pengembangan demplot dan pendampingan untuk komoditas kedelai seluas 13 hektare pada lahan PT SHS di Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

“Kerja sama demplot dan pendampingan komoditas kedelai cukup strategis dan berhasil dengan ujicoba tiga verietas yaitu Ajamoro, Grobogan dan Malika,” kata Jaka Widada.

BACA JUGA : Mahasiswa KKN PPM UGM Promosikan Kecamatan Plumpang, Tuban

Setelah keberhasilan demplot dan pendampingan pertama akan dilanjutkan perluasan demplot. Pendampingan kedua dilaksanakan Agustus 2022 yang mencakup tiga komoditas pangan utama yaitu padi, jagung dan kedelai dengan total luas lahan 30 hektare.

"Demplot dan pendampingan pengembangan komoditas yang kedua dikombinasikan dengan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dengan bidang kegiatan penelitian dan magang," jelas Jaka Widada.

Sedang Direktur Utama PT SHS, Ir Maryono, MM, mengungkapkan sebagai BUMN anggota ID Food, pihaknya mengemban mandat penting sebagai salah satu pilar utama dalam mendukung kapasitas produksi pangan nasional. Terutama dari aspek inovasi benih komoditas pangan strategis nasional.

Kepemilikan aset lahan pertanian seluas 3.200 hektare dan pengembangan model pola kemitraan yang telah dibangun dalam waktu yang cukup panjang dengan kelompok tani, penangkar, dan mitra strategis lainnya merupakan modal penting bagi PT SHS untuk menjadi salah satu pilar penting sistem pangan nasional.

BACA JUGA : Indonesia Perlu Kembalikan Kedaulatan dan Kemandirian Maritim

Oleh sebab itu, pihaknya menyambut baik integrasi kerja sama kemitraan yang dikombinasikan dengan program MBKM. Program tersebut memiliki nilai yang sangat strategis untuk membawa inovasi dan terobosan baru bagi kemajuan usaha perusahaan sekaligus berkontribusi memberikan pengalaman lapangan serta praktik dunia industri pada para mahasiswa.

Sebelumnya Rektor UGM, Prof Ova Emilia, dalam sambutannya menyampaikan program MBKM penelitian dan magang sangat penting untuk memberikan pengalaman lapangan dan keahlian baru bagi para mahasiswa yang dapat memperkuat kompetensi mahasiswa. Program tersebut menjadi hal yang istimewa karena hanya bisa dinikmati oleh mahasiswa generasi saat ini oleh sebab itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Ini merupakan sebuah privilege yang dapat dinikmati oleh mahasiawa generasi baru dan tidak dimiliki oleh mahasiswa generasi lama sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Ova. (*)

BACA JUGA : Insenerator Kreasi FTI UII Efektif Lenyapkan Sampah Residu

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

UGM Berdayakan Warga KHDTK Ngawi dan Blora, Apa Saja Upayanya?

Image

UGM Gagal Pertahankan Juara Umum di PIMNAS ke-35, Apa Saja Medalinya?

Image

Pakar Hukum Tata Negara UGM : Cawapres Harus Cakap, Ulet dan Loyal

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image