Fakultas Pertanian UGM Konservasi Air di Agrowisata Gunung Gambar

Info Kampus  
Penanaman bibit alpukat oleh mahasiswa dan dosen Fakultas Pertanian UGM sebagai upaya konservasi sumber air di Gunung Gambar, Gunungkidul. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyemai 22 ribu bibit kopi dan menanam 204 alpukat unggul di kawasan agrowisata religi Gunung Gambar, Kalurahan Kampung, Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penyemaian bibit kopi dan penanaman bibit alpukat unggul ini sebagai tanda upaya konservasi sumber air produktif di kawasan tersebut.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Dies Natalis Fakultas Pertanian UGM ke 76 dengan tema tema Konservasi Produktif Sumber Air di Kawasan Agrowisata Religi Gunung Gambar. Selain penyemaian dan penanaman bibit, pengabdian masyarakat tersebut juga dilakukan sejumlah kegiatan. Di antaranya, kerja bakti bersih lingkungan di kawasan sumur tua Gunung Gambar, serah terima bibit tanaman buah dan saprotan, serta Cupping Coffee Bersama Dekan Fakultas Pertanian UGM dan Panewu Ngawen, Sabtu (10/9/2022).

BACA JUGA : KKN PPM UGM Bantu Kembangkan Agrowisata dan Kopi Samosir

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kegiatan tersebut dihadiri Dekan Fakultas Pertanian UGM beserta jajarannya, dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian UGM, Panewu Kapanewon Ngawen, Panewu Kapanewon Nglipar, Lurah Kalurahan Kampung, Ngawen, Lurah Kalurahan Natah, Nglipar, komunitas Resan dan Sedulur Tandur, serta warga masyarakat di Dusun Gunung Gambar dan Pringombo.

Koordinator tim pengabdian Dies Natalis ke-76 Fakultas Pertanian UGM, Dody Kastono, SP, MP mengatakan kegiatan pengabdian di Gunung Gambar telah dimulai sejak tahun 2018 hingga saat ini oleh Departemen Budidaya Pertanian UGM. Kegiatan yang dilakukan adalah penanaman kopi robusta dan penanaman tanaman konservasi lahan dan air.

“Pada tahun ini Gunung Gambar di launcing sebagai salah satu pengabdian unggulan oleh Fakultas Pertanian UGM yang ditandai dengan persemaian bibit kopi sebanyak 10 ribu di Dusun Gunung Gambar dan 12 ribu di Dusun Natah Kulon. Selain itu dilakukan penanaman buah Alpukat unggul dengan jenis Miki dan Alligator sebanyak 204 bibit,” kata Dody Kastono.

BACA JUGA : Kolaborasi Dosen Prodi Kimia dan Kelautan UNIPA Kembangkan Pelet Ampas Sagu

Panewu Kapaneweon Ngawen, Sugito SH, MH mengapresiasi kegiatan Fakultas Pertanian UGM di kawasan Agrowisata Gunung Gambar. “Saya mengucapkan terima kasih dengan adanya bantuan dan inisiatif dari Fakultas Pertanian UGM yang telah membantu mengembangkan potensi agrowisata di Gunung Gambar. Semoga ke depannya Kalurahan kami menjadi lebih sejahtera,” kata Sugito.

Sementara Dekan Fakultas Pertanian UGM, Ir Jaka Widada, MP, PhD menyatakan dalam rangka menggelorakan pertanian merdeka, Fakultas Pertanian UGM menyimpan harapan besar daerah Gunung Gambar. "Pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu menjadi salah satu daerah percontohan terkait dengan konservasi lahan dan air yang mampu mensejahterakan masyarakat dengan perpaduan komoditas kopi, tanaman buah-buahan, dan tanaman konservasi," kata Jaka Widada. (*)

BACA JUGA : 12 Mahasiswa Fakultas Pertanian UGM Ikuti Program MBKM Teliti Bibit

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

UGM Gagal Pertahankan Juara Umum di PIMNAS ke-35, Apa Saja Medalinya?

Image

Pakar Hukum Tata Negara UGM : Cawapres Harus Cakap, Ulet dan Loyal

Image

Prof Sarto: Teknik Kimia Harus Mampu Beradaptasi dengan Era Industri 4.0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image