Mobil SEMAR UGM Raih Dua Gelar di Kompetisi Internasional Shell Eco-Marathon 2022

Teknologi  
Tim Semar UGM setelah meraih dua gelar juara di Sirkuit Mandalika. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tim Semar Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil meraih dua gelar juara pada kompetisi internasional mobil hemat energi Shell Eco-Marathon 2022 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) Selasa-Sabtu (11-15/10/2022). Gelar juara 1 diraih mobil Semar Proto UGM kategori Prototype Kelas Battery-Electric, sedang mobil Semar Urban UGM menjadi juara 2 kategori Urban Concept Kelas Internal Combustion Engine.

Dijelaskan Adzmi, tim Semar UGM dalam kompetisi itu tim Semar Proto dengan kategori prototipe mengusung konsep mobil hemat energi yang futuristik. Mobil prototipe ini berhasil memukau juri dengan jarak tempuh 587 km/kWh.

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Raih Juara di Schlumberger Digital Forum Swiss

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sedangkan Tim Semar Urban yang tampil pada kategori urban concept berfokus pada desain kendaraan konvensional roda empat hemat energi sesuai kebutuhan riil masyarakat di perkotaan. "Mobil ini mengusung keunggulan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar dan bodi mobil berbahan carbon fiber sehingga berat totalnya hanya 89 kilogram dengan jarak tempuh 332 km/liter," kata Adzmi.

Lebih lanjut Adzmi mengatakan Tim Semar UGM mendapatkan banyak pengalaman selama proses perlombaan mulai dari brainstorming ide, eksekusi mobil, hingga pelaksanaan kegiatan di Trek Sirkuit Mandalika.

“Berlaga di Sirkuit Mandalika merupakan tantangan tersendiri bagi kami. Terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan terutama kondisi driver agar dapat menghadapi cuaca yang tidak menentu, panjang lintasan, suhu panas, dan lain sebagainya,” jelas Adzmi.

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Kembangkan Genteng Pintar Bertenaga Surya

Menurutnya, prestasi yang diperoleh tak lepas dari kerja keras tim dan persiapan selama kurang lebih satu tahun. Adzmi berharap capaian Tim Semar UGM dalam kompetisi ini dapat memotivasi mahasiswa lainnya dan generasi muda untuk terus berinovasi dan mengekplorasi teknologi baru yang ramah lingkungan. "Harapannya, dapat diterapkan pada kendaraan di masa depan," harapnya.

Shell Eco-Marathon merupakan ajang balap kendaraan ramah energi bagi mahasiswa di seluruh dunia. Mahasiswa dituntu untuk mengeksplorasi dan memberikan solusi energi transportasi berkelanjutan sesuai kebutuhan masa kini dan depan.

Kompetisi tahun 2022 ini diikuti 49 tim yang terdiri dari 33 wakil perguruan tinggi Indonesia. Sedang peserta selebihnya berasal dari perguruan tinggi India, Kazakhstan, Republik Korea, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, dan Vietnam. (*)

BACA JUGA : Sempat Kebanjiran, Tim Al Qorni UAD Juara Umun 2 di FESC IIMS 2022

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image