Dubes Dorong UGM Perbanyak Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Irlandia

Info Kampus  
Dubes Irlandia saat berkunjung ke UGM. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Duta Besar Irlandia untuk Indonesia, Padraig Francis mendorong Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta agar banyak menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di negaranya. Padraig Francis akan memberikan fasilitas agar terlaksananya kerjasama tersebut.

Padraig Francis mengungkapkan hal tersebut saat berkunjung ke UGM, Selasa (1/11/2022). Tawaran Dubes Irlandia tersebut disambut baik Rektor UGM, Prof dr Ova Emilia, M Med, Ed, SpOG (K), PhD.

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Raih Juara di Schlumberger Digital Forum Swiss

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Padraig Francis, kerja sama UGM dan perguruan tinggi Irlandia, terutama pertukaran mahasiswa dan dosen diharapkan bisa meningkatkan kapasitas mahasiswa dan dosen Indonesia dalam penguasaan teknologi mutakhir dan di bidang ekonomi. “Saya kira mahasiswa nantinya akan mendapat pengalaman dengan banyak program yang bisa kita kerjasamakan,” kata Pradraig Francis.

Sedang Rektor UGM mengatakan UGM sudah melakukan kerja sama dengan dua perguruan tinggi di Irlandia yakni Universitas Limerick dan University College Dublin (UCD). “Kerja sama UGM dengan perguruan tinggi di Irlandia baru dua perguruan tinggi, Limerick dan UCD,” kata Rektor.

BACA JUGA : Prof Khang Tsung Fei : Perlu Mendesain Penelitian Statistik untuk Kesehatan

Menurut Rektor, bentuk kerja sama yang bisa dilakukan di antaranya di bidang pertukaran mahasiswa, summer course, dan kolaborasi riset. “Saya kira riset doktor nantinya banyak yang bisa dikerjasamakan,” kata Ova Emilia.

Sementara Kepala Sub Direktorat Kerja Sama Internasional UGM, I Made Andi Arsana, PhD, yang mendampingi Rektor menyampaikan kerja sama pendidikan yang banyak dilakukan selama ini dalam bentuk pengiriman mahasiswa UGM ke perguruan tinggi di Irlandia melalui program beasiswa Erasmus Mundus dan IISMA. “Tujuan kita dengan adanya penjajakan kerja sama bilateral dengan universitas di sana, diharapkan nantinya akan banyak kampus di Irlandia juga mengirim mahasiswa dan dosennya ke UGM,” kata Andi.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, Dubes Irlandia menginginkan UGM membuka peluang lewat penandatanganan nota kesepahaman bersama dengan banyak perguruan tinggi di negaranya. Sehingga akan banyak kegiatan pertukaran mahasiswa Indonesia dan Irlandia, pertukaran dosen, serta pembukaan program dual degree bisa diwujudkan.

“Dubes Irlandia meminta kita melakukan banyak kerja sama dengan perguruan tinggi dari Irlandia. Ia tidak menyebutkan perguruan tinggi mana saja namun mendorong bentuk kerja sama yang lebih terbuka,” kata Andi. (*)

BACA JUGA : Tawaran Rusia Soal Pengembangan PLTN Patut Dipertimbangkan

Dubes Irlandia saat berkunjung ke UGM. (foto : istimewa)

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image