Genteng Tenaga Surya, Inovasi Mahasiswa UGM Juara Kompetisi Bisnis Pertamuda Seed and Scale

Teknologi  
Tim startup Gepo Energy mahasiswa UGM setelah dinobatkan sebagai juara. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Genteng Pintar Tenaga Surya atau Genteng Photovoltaic, inovasi Tim startup Gepo Energy mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil menjadi juara Top Three kompetisi ide bisnis mahasiswa pada Pertamuda Seed and Scale 2022. Kompetisi ini diselenggarakan PT Pertamina (Persero) di Jakarta , Rabu-Sabtu (7-10/12/2022).

Tim tiga besar adalah Tim Gepo Energy UGM, Cody Kit Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Taman School Universitas Indonesia (UI). Tiga tim ini berhasil menyisihkan 2.445 startup yang berasal dari 386 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Tim startup mahasiswa ini mendapatkan pendanaan usaha sebesar Rp 100 juta dan pendampingan Rp 25 juta.

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Kembangkan Genteng Pintar Bertenaga Surya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pertamuda merupakan kompetisi ide bisnis untuk wirausaha muda bidang energi dan ekonomi yang berkelanjutan. Peserta kompetisi ada 2.445 Tim dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Ketua Gepo Energy, Lathief Nurmahmudi Wijaya mengaku senang dan bangga masuk dalam daftar tiga besar kompetisi ini. Ia menjelaskan Gepo Energy merupakan sebuah startup yang bergerak di bidang energi terbarukan.

Produk Gepo Energy berupa Genteng Photovoltaic perpaduan genting dan panel surya yang dilapisi self-cleaning glass. Genteng ini dilengkapi sistem cerdas Internet of Thing (IoT) sehingga dapat melakukan monitoring keadaan sekitar dan perawatan secara otomatis. “Kami sangat bersyukur dan bahagia atas terpilihnya Gepo Energy sebagai Top Three di ajang Pertamuda ini,” kata Lathief.

BACA JUGA : Aplikasi S-POND, Detektor Kualitas Air Kolam untuk Hindari Kematian Massal Ikan, Inovasi Mahasiswa UGM

Lathief juga menyampaikan apresiasi atas dukungan dari Direktorat Kemahasiswaan UGM, khususnya Subdirektorat Pengembangan Karakter Mahasiswa yang telah memberikan fasilitas dan dukungan kepada timnya selama ini. “Semoga kami terus berkembang untuk menciptakan energi bersih dan terjangkau di Indonesia sesuai dengan fokus SDGs poin 7,” harap Lathief.

Sementara Kepala Kasi Kewirausahaan UGM, Suprijani, SIP, MPA, menambahkan, sebelum berlaga para tim dari UGM diberikan pelatihan dan pendampingan secara melekat sebelum melakukan Pitching Lomba Pertamuda. Dosen pembimbing Ir Galuh Adi Insani, SPt MSc IPM, selaku mentor dan salah satu tim Task Force PMW 2022 telah mempersiapkan Tim Gepo Energy UGM.

“Keberhasilan para mahasiswa UGM dalam ajang kewirausahaan diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk bangsa. Prestasi ini tentunya dapat memberikan inspirasi, menambah semangat untuk terus berkarya dan berwirausaha di kalangan mahasiswa,” kata Suprijani. (*)

BACA JUGA : Inovasi Baru Cap Batik Kertas untuk Hemat Beaya Produksi, Ini Cara Membuatnya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image