UNIMMA Gelar BIS, Bahas 400 Penelitian dari 14 Negara, Ini Tujuannya

Info Kampus  
Seorang presenter peserta BIS sedang mempresentasikan hasil penelitiannya. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) menggelar The 4th Borobudur International Symposium (BIS) membahas 400 hasil penelitian dan inovasi bidang Humaniora dan Ilmu Sosial, dan bidang Sains dan Teknologi dari 14 negara. Hasil penelitian dan inovasi tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk memecahkan permasalahan global.

Menurut Ketua Panitia Simposium, Prof Muji Setyo, MT riset dan inovasi merupakan proses panjang dan kumulatif yang mencakup pengambilan keputusan dalam penemuan ide hingga implementasi. “Melalui The 4th Borobudur International Symposium tahun 2022, kami berupaya untuk mengakomodasi para peneliti, akademisi, dan praktisi untuk mendiseminasikan hasil riset dan inovasinya guna berkontribusi dalam penyelesaian masalah global,” kata Muji saat menyampaikan sambutan pembukaan Simposium secara virtual, Rabu (21/12/2022).

BACA JUGA : UNIMMA Luncurkan Sembilan Pusat Studi untuk Raih Akreditas Unggul

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Simposium, kata Muji, mengangkat tema 'The Innovation Chain: A Contribution to Society and Industry' dengan dua pembahasan di bidang Sains dan Teknologi serta Humaniora dan Ilmu Sosial. Ada 400 presenters dari 14 negara di antaranya Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Jepang, Jerman, Australia, Hungaria, Kazakhstan, Thailand, Scotland, Cina, Taiwan, Prancis dan Brazil.

Muji menambahkan ada lima keynote speaker dari lima negara. Mereka adalah Prof Nuran Acur dari University of Glasglow, Skotland; Assoc. Prof Yun Arifatul Fatimah, PhD dari Center for Sustainable Intelligent Circular Economy, Indonesia; Assistant. Prof Dr Sukanya Dej-adisai dari Prince of Songkla University, Thailand; Dr Wahyu Caesarendra dari Universiti Brunei Darussalam, Brunei Darussalam; dan Dr Matthias Wetzel dari Asia University, Taiwan.

Untuk penyelenggaraan simposium ini, Unimma menggandeng 17 perguruan tinggi sebagai Co-Host. Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Trisakti, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Universitas Muhammadiyah Luwuk, Politeknik Negeri Samarinda, Sekolah Tinggi Teknik Muhammadiyah Cileungsi, Universitas Singaperbangsa Karawang.

Kemudian, Universitas Muhammadiyah Pare-Pare, Institut Seni Indonesia Denpasar, Universitas Islam 45 Bekasi, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Al-Irsyad Cilacap, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Muhammadiyah Gombong.

BACA JUGA : Konsorsium Delapan Universitas Berhasil Bentuk Perkumpulan Masyarakat Tangguh Tanggap Bencana

Rektor Unimma, Dr Lilik Andriyani, SE, MSi mengatakan Unimma memiliki komitmen untuk menyebarkan nilai-nilai Kemuhammadiyahan dan memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu, simposium internasional ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

"Selain itu, simposium ini diselenggarakan untuk turut menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah yang berlangsung 18-20 November lalu dengan tema Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta,” kata Lilik Andriyani.

Rektor berharap The 4th Borobudur International Symposium 2022 ini dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan pengetahuan. "Selain itu, bisa memberikan solusi pada masalah nyata di industri dan masyarakat," harap Lilik.

Pada akhir acara, panitia memilih best presenter bidang Humaniora dan Ilmu Sosial, dan best presenter bidang Sains dan Teknologi. Terpilih sebagai best presenter bidang Humaniora dan Ilmu Sosial, Telkom University, Universitas Trisakti dan Institut Seni Indonesia Denpasar.

Sedang best presenter dalam bidang Sains dan Teknologi, Universitas Singaperbangsa Karawang; Beijing University of Chemical Technology, Tiongkok; Institut Teknologi Bandung; Unimma dan Politeknik Negeri Samarinda. (*)

BACA JUGA : Banyak Hasil Penelitian Ilmiah Perguruan Tinggi Masuk The Valley of Death

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image