UAD Anugerahkan Mahasiswa Berprestasi 'Andalan Awards 2023'

Info Kampus  
Gatot Sugiharto, Wakil Rektor UAD menyerahkan penghargaan kepada mahasiswa berpretasi di Amphitarium Kampus IV UAD Yogyakarta, Sabtu (4/3/2023). (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Sebanyak 300 mahasiswa Universits Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berprestasi mendapat penghargaan dari kampusnya. Penyerahan anugerah tersebut dikemas dalam acara 'Andalan Awards 2023' di Amphitarium Kampus IV UAD Yogyakarta, Sabtu (4/3/2023).

Penyerahan 'Andalan Awards 2023' dilakukan Dr Gatot Sugiharto, SH, MH, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Tahun 2022, ada sebanyak 1.266 mahasiswa yang mengurkir prestasi tingkat nasional. Prestasi mahasiswa ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2020, mahasiswa UAD mengukir prestasi sebanyak 300-an. Kemudian tahun 2021 meningkat menjadi 883 prestasi.

BACA JUGA : Fakultas Psikologi UAD Berikan Mata Kuliah Teknik Penulisan Skripsi, Ini Tujuannya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Pada Andalan Awards 2023 kali ini, UAD hanya menyerahkan kepada 300 mahasiswa. Sebab prestasi yang lain sudah langsung diterima mahasiswa ketika mengukir prestasi. Dan masih ada prestasi internasional yang belum dilaporkan," kata Gatot Sugiharto.

Dijelaskan Gatot Sugiharto, pemberian Award ini untuk mengapresiasi mahasiswa yang sudah bekerja untuk meraih prestasi di berbagai bidang dan membawa nama baik UAD. Bidangnya meliputi penalaran, minat bakat, termasuk untuk ketertiban administrasi di UAD.

Sebab pengajuan proposal, laporan pertanggungjawaban (LPJ), banyak yang tertib, tetapi ada juga mahasiswa yang kurang tertib. "Untuk mahasiswa-mahasiswa yang tertib untuk pengajuan proposal, realisasi anggaran dan sebagainya, UAD memberikan apresiasi terhadap mereka, baik berprestasi di bidang akademik, non akademik, dan minat bakat," kata Gatot.

Apresiasi ini, jelas Gatot, harapan ke depan untuk organisasi kemahasiswaan UAD bisa lebih kompetitif. Mereka dapat memperbaiki internal organisasinya, juga untuk memacu prestasi di organisasi kemahasiswaan.

BACA JUGA : UAD dan Fatoni University Thailand Optimalisasi Manfaat Kerjasama

Saat ini, kata Gatot, UAD memiliki 122 organisasi kemahasiswaan (Ormawa) dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Organisasi Otonomi (Ortom). Mereka saling berkompetisi untuk mendapatkan prestasi yang kita persiapkan untuk Andalan Awards tahun berikutnya.

"Apresiasi (Andalan Awards) ini bisa memotivasi mereka yang belum dapat bisa mendapatkannya. Sedang yang pernah mendapatkan bisa mempertahankan. Ini yang kami lakukan untuk memberikan apresiasi kepada adik-adik mahasiswa," kata Gatot.

Selain itu, tambah Gatot, mahasiswa UAD juga banyak yang mengikuti kompetisi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) yang jumlahnya lebih dari 20 macam kompetisi. "Saya selalu mensupport, menyiapkan mereka untuk mengikuti kompetisi. Sebagian besar mahasiswa UAD yang mengikuti mendapatkan prestasi, baik di PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), Program Penguatan Kapasistas Ormawa dan seterusnya," katanya.

Mahasiswa yang memperoleh prestasi di kompetisi Kemendikbudristek mendapatkan apresiasi di Andalan Awards. "Penyerahan apresiasi saat ini adalah capaian mereka di tahun 2022 lalu. Sedang capaian di tahun 2023, akan diberikan pada tahun 2024," jelasnya. (*)

BACA JUGA : Dekan FKIP UAD : Guru Wajib Bangkitkan Siswa Belajar Itu Menyenangkan, Ini Tujuannya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image