Tim Dosen Prodi Teknik Industri UMB Tingkatkan Kompetensi IKM

Info Kampus  

Sementara Aziz Eko Musdiyanto, Ketua Mitra yang juga karyawan PT Rheima Auto Presisi Indonesia menyampaikan pentingnya pelatihan dan pembinaan pada karyawannya. Sebab selama ini pengetahuan karyawannya masih terbatas sehingga membutuhkan pencerahan dari ahlinya.

Aziz Eko Musdiyanto menjelaskan, setelah mengikuti pelatihan, karyawan mendapatkan ilmu untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Di antaranya, dalam operasional perusahaan, karyawan sudah dapat membuat SOP yang lebih terperinci dengan membuat detail kegiatannya. Kemudian dalam penyimpanan material, mereka sudah menderapkan 5S.

Karyawan, kata Eko, juga dapat menerapkan pengendalian kualitas dengan mendata reject dan menerapkan Seven Tools of Quality untuk solusi perbaikan. "Hal-hal tersebut dapat meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan pelanggan," kata Eko Musdiyanto.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Eko Musdiyanto sangat berterima kasih kepada Universitas Mercu Buana dan pihak perusahaan. Para Narasumber menyarankan agar dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan, baik skala kecil, menengah, maupun sudah besar, sikap konsistensi menjadi kunci utama.

BACA JUGA : Dosen UMB dan Binus Lakukan Pengabdian Masyarakat di Kemanggisan Jakarta, Ini Tujuannya

"Sehingga diperlukan pedoman mengenai proses penyelengaraannya secara tepat, efisien dan cerdas, yang mana prefernsi konsumen menjadi tolak ukur yang penting. Kualitas produk dan pelayanan merupakan salah satu penilaian yang menjadi perhatian bagi para pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM)," kata Eko.

Menurut Eko Musdiyanto, di zaman digitalisasi seperti sekarang ini sudah sepatutnya para pelaku IKM maupun UMKM mampu bersaing baik secara komparatif maupun secara kompetitif. Para pelaku IKM harus memiliki rasa percaya diri dalam menghadapi kondisi apapun.

"Semoga kegiatan PkM yang dilakukan oleh Tim Dosen Universitas Mercu Buana Prodi Teknik Industri menjadi wadah positif dalam memberikan keilmuan bagi masyarakat dan industri," harap Eko Musdiyanto. (*)

BACA JUGA : Milad 40, Teknik Industri UII 'Tebar Manfaat' Dampingi UMKM

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image