UP 45 Kerjasama dengan Kalurahan Bangunharjo Kelola Sampah, Buntut Penutupan TPST Piyungan

Info Kampus  

Rektor UP 45 dan Lurah Bangunharjo memperlihatkan MoU yang sudah ditandatangani. (foto : heri purwata)

Sedang Muhammad Noviansyah Aridito menjelaskan Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon mengharapkan pendampingan dari dosen-dosen UP 45. Karena itu, ini merupakan kesempatan bagi dosen-dosen UP 45 yang memiliki inovasi untuk diimplementasikan pada pengelolaan sampah. Kegiatan ini dalam rangka mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Aridito menambahkan adanya penandatangan kerjasama ini bisa diberikan solusi tentang pengelolaan sampah. Sehingga dapat memberikan dampak positif pada pengelolaan sampah di Kalurahan Bangunharjo.

BACA JUGA : UP 45 Kembali Mendapat Kepercayaan Seleksi Calon Pamong Kalurahan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Aridito sudah melakukan survei lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat pengelolaan sampah. Namun Aridito mengharapkan dukungan dari berbagai pihak agar terwujudnya fasilitas pengelolaan sampah optimal.

"Meskipun ada penutupan TPST Piyungan, masyarakat Kalurahan Bangunharjo bisa adaptif, survive, dan menemukan solusi mengatasi sampah. Sehingga tidak ada lagi permasalahan tentang pengolahan sampah di Kalurahan Bangunharjo," kata Aridito.

Sementara Rektor UP 45, Benedictus Renny See mengatakan penutupan TPST Piyungan membuat sampah-sampah rumah tangga menggunung di berbagai kawasan perumahan. Beberapa waktu lalu, ditutup seminggu saja, sampah sudah menumpuk di mana-mana.

"Sekarang mau ditutup total. Tentu akan semakin banyak sampah tidak terangkut dan menumpuk di lingkungan masyarakat. Perguruan tinggi, memiliki tiga misi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. UP 45 telah berupaya membantu Pemkab Bantul untuk mengelola sampah melalui penerjunan mahasiswa KKN di Bantul. Bahkan sudah ada tempat pengolahan sampah dan UP 45 menghibahkan alat pengolahan sampah di Pantai Depok, Kapanewon Kretek, Bantul," kata Renny See. (*)

BACA JUGA : Rektor UP 45 Harapkan Alumni Berikan Kontribusi Positif pada Almamater

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image