Dosen UNY Dapat Pelatihan 'Pekerti' untuk Tingkatkan Kualitas

Info Kampus  
Salah seorang dosen UNY mengajukan pertanyaan pada pelatihan Pekerti. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memberikan pembekalan bagi dosen baru. Pembekalan ini diberikan menyusul perubahan UNY dari Badan Layanan Umum (BLU) ke Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Perubahan tersebut memerlukan penyamaan persepsi dan format berkait dengan pengembangan perangkat pembelajaran/perkuliahan.

Direktorat Penjaminan Mutu (DPM) UNY menyelenggarakan pelatihan Peningkatan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti), Senin (18/9/2023). Pesertanya, dosen PTNBH, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), dan Tenaga Kependidikan Alih Tugas Dosen UNY Tahun 2023.

BACA JUGA : Pertama di Indonesia, UNY Wisuda 384 Aparat Desa Sarjana Kabupaten Bojonegoro

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Direktur DPM UNY, Prof Dr Suharjana, MKes mengatakan peserta pelatihan berjumlah 244 orang. Mereka terdiri dari dosen P3K berjumlah 63 orang, dosen PTNBH berjumlah 154 orang, dosen P3K beralih ke PTNBH berjumlah delapan orang, dan alih fungsi dari tendik ke dosen berjumlah 19 orang.

Lebih lanjut Suharjana menyampaikan pelaksanaan pelatihan Pekerti secara luar jaringan (Luring) yang terbagi dalam lima gelombang. Gelombang I (kelas A dan B) pada 17 - 22 September 2023, Gelombang II (kelas C dan D) pada 24 - 29 September 2023, Gelombang III (kelas E dan F) pada 1 - 6 Oktober 2023, Gelombang IV (kelas G dan H) pada 8 - 13 September 2023, dan Gelombang V (kelas I dan J) pada 15 - 20 Oktober 2023.

Sementara Rektor UNY, Prof Dr Sumaryanto, MKes menyampaikan UNY akan terus mengupayakan kenaikan pangkat dan jabatan. Sebab UNY tidak ingin mengecewakan dengan kata penyemangat karena itu mengharapkan pesert untuk mengoptimalkan kinerja.

“Cita-cita seorang dosen harus menjadi guru besar, sehingga ada istilah publish or perish (publikasi atau mati). Artinya kalau dosen tidak publikasi ya mati. Publikasi itu bisa nulis buku, jurnal, dan lain-lain. Tulisan pendidikan adalah investasi peradaban, sehingga harus studi lanjut, selesaikan S3, program doktor,” kata Sumaryanto.

Dalam pelatihan, peserta mendapatkan materi meliputi Materi Umum berkait dengan Sistem manajemen pendidikan tinggi PTNBH; Pembinaan Karakter Dosen; Pengembangan Riset Dosen dan Pendampingan Kemahasiswaan; Sistem Manajemen Perencanaan dan Keuangan; Pengembangan Karir dan Profesionalisme Dosen; dan Pengembangan Kerjasama dan Internasionalisasi Program Studi. (*)

BACA JUGA : UNY dan UPSI Malaysia Jalin Kerjasama Akademik

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image