Aplikasi LogTransawit dapat Tingkatkan Kualitas Minyak Kelapa Sawit

Teknologi  
Angkutan tandan buah segar kelapa sawit. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Dosen Departemen Informatika – Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogayakarta (FTI UAJY) dan Institut Pertanian STIPER (INSTIPER) Yogyakarta berkolaborasi mengembangkan aplikasi LogTransawit. Aplikasi ini untuk memonitor dan mengendalikan pergerakan truk pengangkut tandan buah segar (TBS) kelapa sawit dari kebun ke pabrik agar tepat waktu.

Mereka adalah Irya Wisnubhadra, ST, MT, dan Prof Ir Suyoto MSc, PhD dari UAJY dan Andreas Wahyu Krisdiarto, MEng seorang peneliti INSTIPER Yogyakarta. Kolaborasi ini mendapat Hibah Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dari Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) tahun 2023 dengan skema pengembangan prototipe.

BACA JUGA : Aplikasi S-POND, Detektor Kualitas Air Kolam untuk Hindari Kematian Massal Ikan, Inovasi Mahasiswa UGM

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Andreas Wahyu Krisdiarto menjelaskan kelapa sawit merupakan komoditas yang sangat penting bagi Indonesia, baik nilai ekspor, kontribusi atas kebutuhan minyak goreng, maupun kesejahteraan petani. Minyak kelapa sawit dihasilkan dari proses pemerasan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit.

Sehingga TBS sebagai bahan baku berperan penting dalam menentukan kualitas minyak sebagai hasil akhir produk. Kualitas minyak ini akan berpengaruh terhadap nilai produk di pasar.

Sayangnya, kata Andreas, proses transport TBS kelapa sawit dari kebun pabrik menyebabkan penurunan kualitas. Hal ini disebabkan berbagai faktor, di antaranya, kendala tidak terduga yang dihadapi selama perjalanan, pengoperasian alat angkut yang tidak efisien, atau ketidakefektifan pengendalian transportasi logistik. "Ketidakefektifan pengendalian transportasi logistik menyebabkan pemborosan sumber daya dan penurunan kualitas buah," kata Andreas Wahyu Krisdiarto.

BACA JUGA : Dosen UGM Kembangkan Aplikasi SatuJantung untuk Selamatkan Penderita Henti Jantung

Untuk mengatasi masalah tersebut, kata Andreas, dirinya berkolaborasi dengan dua dosen FTI UAJY dengan menciptakan LogTransawit. Satu aplikasi berbasis mobile dan web bertujuan menghindarkan penurunan kualitas TBS akibat sistem transportasi.

Sedang Irya Wisnubhadra menjelaskan aplikasi LogTransawit dapat memantau perjalanan truk angkut, meminimalkan waktu tempuh transportasi, dan mengurangi lamanya antrian di pabrik. Keuntungannya, mempertahankan kadar asam lemak bebas (ALB) sebagai indikator mutu TBS kurang dari 5% dan meningkatkan efisiensi biaya operasional alat angkut .

Kata Irya Wisnubhadra, analisa parameter kinerja angkutan menunjukkan tidak ada korelasi antara berat TBS dengan waktu muat-angkut dan waktu hilang, namun berkorelasi dengan kecepatan. "Aplikasi LogTransawit dapat mengatur jadwal keberangkatan dan memonitor truk angkut menyesuaikan kapasitas produksi di pabrik dengan kapasitas produksi kebun, ketersediaan truk, dan kondisi jalan perkebunan," kata Irya.

BACA JUGA : Prof Sarmin : Domba dan Kambing Sumber Ketahanan Pangan Masa Depan

Sehingga aplikasi LogTransawit dapat mencegah adanya miskonsepsi mengenai kapasitas pabrik dan ketersediaan truk. Selama ini, penurunan kualitas disebabkan ketidakefektifan pengangkutan TBS kelapa sawit dari kebun ke pabrik.

"Pelaku bisnis kelapa sawit tidak perlu mengkhawatirkan tentang sinyal dan internet. Sebab aplikasi ini dapat berinteraksi dengan pengguna melalui SMS jika daerah terkendala dengan koneksi data melalui internet," kata Irya.

Aplikasi LogTransawit telah diujicobakan di beberapa kebun sawit milik perusahaan swasta di Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera. Aplikasi ini segera tersedia di platform Google Play Store.

"Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan semua pelaku bisnis kebun kelapa sawit, baik petani swadaya maupun perusahaan. Sehingga aplikasi ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan efisiensi transportasi TBS dan mutu minyak TBS di perkebunan yang berujung pada nilai tambah kesejahteraan pekebun/perusahaan Indonesia," harap Irya. (*)

Simulasi penggunaan aplikasi LogTransawit menggunakan smartphone dari kebun kelapa sawit. (foto : istimewa)

BACA JUGA : UI Tingkatkan Kesejahteraan Lansia dengan Aplikasi 'Lantera'

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image