Siti Dinar Berhasil Rancang Optimasi Rute Distribusi Barang VRP-TW

Teknologi  
Siti Dinar Rezki Ramadhani, mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Program Magister FTI UII. (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Distribusi merupakan kegiatan pengiriman suatu produk yang sangat penting bagi perusahaan. Namun untuk menghantarkan suatu produk hingga sampai ke tangan konsumen, khususnya toko retail tidak bisa dilaksanakan setiap waktu.

Perusahaan harus mempertimbangkan jarak tempuh, waktu pengiriman barang agar tidak menganggu aktivitas pelanggannya. Seperti, menganggu kenyamanan pelanggan toko yang sedang berlanja, lalu lintas di depan toko retail dan lain-lain.

BACA JUGA : Tiga Dosen Kimia UII Kembangkan Fotokatalis untuk Atasi Limbah Batik

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Siti Dinar Rezki Ramadhani, mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Program Magister Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII) memberikan solusi bagi permasalahan perusahaan. Pemecahan masalah itu tertuang pada hasil penelitiannya untuk menyusun tesis berjudul 'Optimasi Rute Distribusi Berdasarkan Vehicle Routing Problem dengan Fuzzy Time Windows.'

"Hasil penelitian diketahui mampu mengoptimalkan waktu tempuh dengan waktu penyelesaian yang singkat. Usulan rute VRPTW (Vehicle Routing Problem with Time Windows) distribusi yang optimal metode algoritma genetika with fuzzy time windows adalah enam hari dalam waktu tempuh selama 29.6 jam mampu menghemat waktu sebanyak 15% dari rute awal perusahaan," kata Siti Dinar Rezki Ramadhani kepada wartawan di Kampus FTI UII, Rabu (4/8/2022).

BACA JUGA : Fitohormon Perkuat Tanaman Hadapi Perubahan Iklim Global

Saat memberikan keterangan kepada wartawan, Siti Dinar Rezki Ramadhani didampingi Ir Winda Nur Cahyo, ST, MT, PhD, IPM, Ketua Program Studi Teknik Industri, Program Magister FTI UII·dan Dosen Pembimbingnya, Ir Muhammad Ridwan Andi Purnomo, ST, MSc, PhD, IPM. Penelitian ini megantarkan Siti Dinar lulus dengan predikat Cumlaude.

Penelitian ini dilakukan pada perusahan air minum dalam kemasan (AMDK) merek AirKu produksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebelumnya, perusahaan AirKu sudah memiliki jadwal pengiriman produk ke pelanggannya.

Lebih lanjut Siti DinarRezki Ramadhani menjelaskan solusi penelitian untuk pemaksimalan tingkat kepuasaan ritel dengan pendekatan Fuzzy Time Windows ialah selama 6 hari dengan total tingkat ketepatan sebesar 89.3% dari ketepatan rute perusahaan sebesar 61.8%. "Pada kegiatan distribusi juga pada akhirnya akan berpengaruh pada waktu dan ketepatan kedatangan armada distribusi," kata Siti Dinar.

Siti Dinar menggunakan metode algoritma genetika (AG) dapat mengetahui rute terpendek dan memaksimalkan nilai ketidakpastian kedatangan kendaraan Fuzzy time windows. Performa algoritma dapat ditentukan dengan membandingkan nilai optimum yang diperoleh dari metode AG dengan nilai fuzzy time windows. "Semoga hasil penelitian ini bisa diaplikasikan pada perusahaan-perusahaan lain," harap Siti Dinar. (*)

BACA JUGA : Virtual Reality Telerehabilitation Efektif Sembuhkan Penyakit Parkinson

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image