Fakultas Peternakan UGM Dampingi BUMDes Kadilanggon Produksi Konsentrat Domba

Teknologi  
Tim Laboratorium Biokimia Nutrisi Fakultas Peternakan UGM bersama perangkat Desa Kadilanggon, Kecamatan Wedi dan Kabupaten Klaten memperlihatkan konsentrat domba produksi BUMDes Desa Kadilanggon, (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Laboratorium Biokimia Nutrisi, Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mendampingi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Kadilanggon, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah membuat pabrik pakan konsentrat dan lahan hijauan pakan ternak. Pendampingan ini merupakan rangkaian untuk mewujudkan Program Kampung Domba di desa tersebut.

Kepala Laboratorium Biokimia Nutrisi, Chusnul Hanim dalam rilisnya mengatakan pelaksanaan program Kampung Domba dibagi menjadi tiga tahapan. Tahap pertama, pembuatan pabrik pakan konsentrat dan lahan hijauan pakan ternak. Tahap kedua, pengembangan pembibitan dan penggemukan domba. Tahap ketiga, pengembangan usaha kemitraan antara Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan masyarakat.

BACA JUGA : Prof Ali Agus Siap Bangun Gelanggang dan Implementasikan MBKM

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lebih lanjut Chusnul Hanim mengatakan pendampingan usaha budidaya ternak domba dilakukan secara berkelanjutan agar bisa memberikan manfaat pada masyarakat, khususnya peternak. Pihaknya juga telah melakukan uji analisis pakan konsentrat yang telah memenuhi standar kebutuhan ternak yang bisa dibuat secara mandiri oleh peternak.

“Program pengembangan Kampung Domba menjadi bagian dari Project Ayo Angon yang sudah diinisiasi di beberapa daerah oleh UGM untuk mengajak masyarakat, khususnya anak muda supaya mau beternak,” jelas Chusnul Chanim.

Menurut Chusnul Chanim, peningkatan pengetahuan dan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas dalam pelaksanaan kegiatan program Kampung Domba. Karena itu, ke depan akan dilakukan pelatihan dan pendampingan supaya para peternak dapat mengelola usaha budidaya ternak yang menguntungkan.

BACA JUGA : Hambat PMK, Tim Fakultas Peternakan UGM Lakukan Biosecure pada 50.000 Sapi

Kata Chusnul, BUMDes Putro Manggolo, Desa Kadilanggon akan menjadi motor dalam pelaksanaan program Kampung Domba.”Saat ini BUMDes sudah melakukan inisiasi pembangunan pabrik pakan konsentrat serta budidaya ternak domba,” jelasnya.

Sedang Imam Adi Prayogo, Direktur BUMDes Putro Manggolo mengatakan Desa Kadilanggon memiliki potensi besar dalam pengembangan peternakan, seperti pengembangan lahan hijauan dengan tanah yang subur dan pengadaan bahan baku pakan konsentrat yang cukup mudah. Ia mengharapkan melalui Program Kampung Domba akan menjadi perbaikan pengelolaan peternakan di desanya.

“Peternakan di memiliki potensi untuk mendorong ekonomi masyarakat dan desa berkembang. Seperti yang kita tahu, peternakan selama ini masih banyak dikelola secara tradisional dan peternak belum berorientasi terhadap keuntungan,” kata Adi Prayogo.

Asisten I Sekda Kabupaten Klaten, Joko Purwanto menuturkan pengembangan Kampung Domba diharapkan dapat melibatkan masyarakat dan peternak. Ia juga mengharapkan inovasi dan teknologi yang diterapkan bisa diadopsi masyarakat. “Melalui teknologi peternakan yang lebih baik, tentu akan membuat usaha peternakan akan semakin efisien,” kata Joko Purwanto.

BACA JUGA : Mobilitas Ternak dari Daerah Wabah PMK Diawasi Secara Ketat

Sementara Kepala Desa Kadilanggon, Sri Agung Sukowijoyo mengatakan optimalisasi peran BUMDes saat ini menjadi program prioritas. BUMDes Putro Manggolo saat ini telah mampu menghasilkan pakan konsentrat. Produksinya, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan Desa Kadilanggon, tetapi juga tetangga desa seperti Desa Kaligayam dan Desa Melikan. Tentu hal ini akan berdampak secara langsung kepada masyarakat.

"Ahad (23/10/2022) lalu telah dibagikan pakan konsentrat seberat 20 kilogram kepada 200 peternak Kadilanggon. Pembagian ini sekaligus mengenalkan kepada masyarakat bahwa BUMDes Putro Manggolo sudah dapat memproduksi pakan secara mandiri," kata Sri Agung Sukowijoyo. (*)

BACA JUGA : UGM Dukung Kampanye Program Makan B2SA untuk Hadapi Krisis Pangan

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image