Yayuk Basuki Meriahkan Tenis Kagama Cup XV, Ajang Silaturahmi Alumni UGM

Info Kampus  
Yayuk Basuki saat melakukan serve di lapangan tenis Lembah UGM. (foto :istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Yayuk Basuki (51), petenis Legendaris Indonesia memeriahkan pembukaan Tenis Kagama Cup ke XV yang diselenggarakan di Lapangan Tenis Outdoor Lembah UGM, Sabtu (5/11/2022). Kehadiran Yayuk Basuki untuk memberi semangat pada ratusan peserta yang berasal dari berbagai daerah.

Yayuk Basuki juga ikut ambil bagian pada pertandingan eksibisi dengan berpasangan dengan Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof Phil Al Makin. Sedangkan lawan mainnya mantan Rektor UGM, Prof Panut Mulyono berpasangan dengan Guru Besar Pertanian UGM, Kuncoro Harto Widodo.

BACA JUGA : UGM Kembali akan Berikan HB IX Award, Silakan Usul dan Ini Syaratnya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Meskipun eksibisi, Yayuk tetap bermain profesional dengan mengeluarkan pukulan forehand keras sehingga menyulitkan lawannya. Mantan pemain tenis Indonesia yang pernah masuk peringkat 19 dunia ini juga melakukan servis keras dan kencang bahkan minim melakukan kesalahan.

Tampak kemampuan dan tenaga Yayuk dalam bermain tenis tetap prima. Meski Yayuk baru selesai menjalani operasi cedera lutut. “Saya terus terang saja, terakhir (main) sebulan lalu. Sudah jarang, biasanya seminggu sekali. Mungkin pikirnya masih muda. Sekarang agak kambuh pinggang sama lutut. Tapi ini sudah jauh membaik. Sudah operasi juga,” kata Yayuk kepada wartawan.

Saat ini, Yayuk aktif di KONI Pusat sehingga sering berkoordinasi dengan KONI daerah. Salah satu yang menjadi perhatian Yayuk adalah minimnya atlet tenis yang berasal dari Yogyakarta.

BACA JUGA : Dubes Dorong UGM Perbanyak Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Irlandia

“Saya kan orang Yogya. Atlit kita (Yogya) diambil daerah lain. Di PON kemarin tidak ada anak Yogya. Saya ingin memotivasi mereka, kolaborasi apa yang bisa kita berikan semoga atlet kita ke depan tidak lari ke daerah lain,” kata Yayuk.

Yayuk merasa senang diundang Kagama untuk memeriahkan pertandingan tenis lapangan antar alumni yang berlangsung Sabtu-Ahad (5-6/11/2022). “Saya melihat kegiatan ini sangat sukses, guyub. Justru yang kita utamakan guyub, silaturahmi dan persatuan. Pesertanya ada dari Kalimantan, dari Papua. Saya lihat Kagama Cup ini cukup sukses, agar terus dipertahankan,” harapnya.

Usai bertanding, Yayuk diajak berselfie ria dari para peserta yang akan mengikuti turnamen. Turnamen kali ini diikuti Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Prof Eddy OS Hiariej dan Mantan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek RI, Dr Wikan Sakarinto.

BACA JUGA : Fakultas Peternakan UGM Dampingi BUMDes Kadilanggon Produksi Konsentrat Domba

Ketua Panitia Tenis Kagama Cup XV Dr Wikan Sakarinto mengatakan sebanyak 110 peserta mengikuti kejuaraan tahun ini. “Ada 110 peserta dari berbagai daerah. Hampir seluruhnya alumni yang suka tenis dan jago tenis datang, kecuali yang cedera dan berhalangan. Pertandingan olah raga ini bagian dari upaya memupuk persatuan antar alumni,” kata Wikan.

Wikan menyebutkan ada tiga nomor yang dipertandingkan dalam turnamen kali ini yang dibagi berdasarkan akumulasi dari umur tiap pasangan ganda putra yakni kategori ganda putra umur 85 tahun, ganda putra minimum 60 tahun, dan ganda putra minimum usia 55 tahun.

Hery Dosinaen (55) merupakan salah satu peserta yang rutin mengikuti turnamen tenis lapangan antar alumni UGM ini. Alumni Fisipol ini mengaku sudah empat kali berturut-turut menjadi juara dalam turnamen ini. Kali ini, ia mengikuti akumulasi kategori umur 85 tahun.

Menurutnya, turnamen tenis ini sebagai wadah menyatukan alumni dari berbagai daerah untuk berkumpul dalam kegiatan pertandingan tenis Lapangan. “Saya kira ini bagian dari silaturahmi kekeluargaan. Kita bangga sebagai alumni kampus biru yang ditugaskan di daerah dan kini diminta berkumpul untuk bertemu satu sama lain. Lewat tenis ini tentunya semuanya bisa mengumpulkan kita dalam even olahraga,” kata Hery. (*)

BACA JUGA : UGM Tutup 15 Program Studi Diploma Tiga, Mengapa?

Partai eksibisi Kagama Cup XV. (foto : istimewa)

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image