Wujudkan Nazar, Wisudawan UGM Naik Kuda Usai Wisuda

Info Kampus  
Hendro Pleret saat menaiki kuda di halaman Grha Sabha Pramana UGM. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Endra Harsaya atau yang lebih dikenal dengan nama Hendro Pleret (60) mewujudkan nazarnya naik kuda bila lulus dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Rabu (10/5/2023), seusai wisuda dan masih mengenakan toga, nadzar tersebut diwujudkan menunggang kuda putih berkeliling di sekitar Grha Sabha Pramana (GSP) UGM.

Hendro Pleret menjadi salah satu wisudawan Program Pascasarjana Periode III Tahun Akademik 2022/2023 UGM. Aktivis ini berhasil menyelesaikan studi pendidikan S2 dari Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UGM dengan konsentrasi strategi marketing.

BACA JUGA : Lulusan UNIMMA Wajib Miliki Karakter Santun dan Etos Kerja Tinggi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hendro Pleret sukses menyelesaikan studi tepat waktu, selama dua tahun. "Waktunya tepat dua tahun, tapi nilainya nggak tepat, IPK sekitar 3,3 atau 3,4,” kata Hendro Pleret.

Hendro Pleret menceritakan aksinya menunggang kuda selepas wisuda ini merupakan perwujudan nazarnya. Ia yang berasal dari Desa Pleret, Kabupaten Bantul pernah berucap apabila nantinya lulus dari UGM ingin naik kuda.

Ia pun mengungkapkan alasan memilih kuda menemani perayaan wisudanya kali ini. Menurutnya kuda lebih terkesan klasik dan vintage. Lalu ia memilih kuda putih betina yang bernama bestie karena warna putih melambangkan lulusan UGM harus berjiwa putih, suci.

BACA JUGA : Prof Djumanto: Ikan Wader Hampir Punah, Perlu Digalakkan Pemijahan Massal

“Saya naik kuda karena merakyat dan karena tidak punya rubicon seperti orang-orang kaya. Nanti lanjut naik kuda sampai ke Kepatihan (Kantor Pemda DIY, red) dan akan dimandikan kembang oleh Pak Wakil Gubernur,” katanya.

Hendro Pleret merupakan lulusan S1 jurusan Seni Teater dari ISI Yogyakarta. Ia mengambil langkah besar melanjutkan studi S2 yang tidak linear dengan studi sebelumnya. “Saya ambil jurusan itu karena bisnis/dagang itu luar biasa. Bahkan 9 dari 10 pintu rejeki menurut Rasulullah adalah berdagang ya jadi saya berdagang apa saja,” paparnya.

Meski usianya tidak lagi muda, Hendro Pleret menyampaikan akan terus menimba ilmu. Rencananya di tahun depan ia akan mengambil studi doktoral. “Rencana ambil doktoral tapi nggak di UGM karena berat,” pungkasnya. (*)

BACA JUGA : UAD, PTS Terbaik di Indonesia Versi SCImago Institutions Rankings 2023

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image