Rektor UGM : Backbone Universitas Hubungan Baik dengan Alumni

Info Kampus  
Rektor UGM, Prof Ova Emilia saat memberikan sambutan pada Reuni 40 Geo83 di Yogyakarta, Sabtu (30/9/2023). (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof dr Ova Emilia, M Med Ed, Sp OG(K), PhD menandaskan backbone (tulang punggung) dari perguruan tinggi adalah hubungan baik dengan alumni. Hal ini terbukti dengan kegiatan yang dilaksanakan alumni Teknik Geologi UGM Angkatan 1983 (Geo83) pada reuni 40 yang mengangkat semangat guyub, rukun, dan migunani.

Rangkaian kegiatan Reuni 40 Geo83 meliputi Geo83 Goes to Campus, Bakti Sosial (pembuatan protesa gigi, mata, dan hidung), Geo83 Fun Run, Silaturahmi ke Dosen Senior, Peluncuran Buku, Pameran Foto, dan Malam Pesta Rakyat. Video kegiatan tersebut ditampilkan dalam malam puncak Reuni 40 Geo83 di selasar Smart Green Learning Center (SGLC) Fakultas Teknik UGM Yogyakarta, Sabtu (30/9/2023) malam.

BACA JUGA : Andri Subandriyo : Reuni 40 Geo83 UGM Menebar Semangat Memberikan Manfaat

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Tentu yang tadi ditunjukkan dalam video adalah sesuatu yang sangat-sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya, operasi bibir sumbing, pemasangan proteses (mata, gigi, dan hidung). Itu sepertinya dikiranya untuk ganteng-ganteng atau cantik-cantik saja. Tetapi sebetulnya itu lebih dari itu, yaitu membuat masukan gizi lebih baik sehingga orang lebih sehat," kata Prof Ova Emilia.

Lebih lanjut Ova Emilia, mengatakan rangkaian acara yang telah memberikan manfaat kepada masyarakat pasti akan diingat dan menjadi doa untuk seluruh alumni Kageogama. Sehingga para alumni bisa sukses dalam berkiprah di bidangnya masing-masing. "Saya atas nama Universitas Gadjah Mada mengucapkan terima kasih atas semua karya dan juga kerjasamanya selama ini," kata Ova Emilia.

Selain itu, lanjut Ova Emilia, juga mengucapkan terima kasih karena para almuni berasal dari berbagai perusahaan dan memberikan kesempatan kepada adik-adik mahasiswa untuk ikut magang di perusahaannya. Juga para alumni yang menjadi praktisi melakukan sharing ilmu dan pengalaman kepada adik-adik mahasiswa yang ada di kampus. "Semoga apa yang dilakukan dan sudah dikerjakan mendapatkan berkat dan rahmat, ridho dari Allah SWT," doa Ova Emilia.

BACA JUGA : Reuni 40 Tahun Geo83 UGM, Gelorakan Spirit Berbagi

Rektor UGM tidak menyangka jika dalam Reuni 40 Geo83 mengajak alumni dari fakultas lain untuk mengikuti rangkaian kegiatannya. "Bahagia sekali saya bisa ada di sini bersama alumni Geologi yang tentunya tidak ada yang dari Fakultas Kedokteran. Oh, ternyata ada (Dokter Agus) dari Fakultas Kedokteran, juga alumni Fakultas Kedokteran Gigi. Saya mengucapkan terima kasih dan juga selamat. Artinya, Kageogama dalam aktivitasnya telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang lintas bidang," katanya.

Sedang Adi Maryono motor penggerak kegiatan reuni mengatakan tema reuni kali ini adalah Spirit Pengabdian. Tema ini diharapkan, bisa memberikan spirit ke-guyub-an, spirit kebersamaan, spirit untuk memberikan manfaat. "Kami menganut, istilahnya guyub (kita guyub berkumpul), gayeng (bikin seneng orang) dan ginanjar (memberikan manfaat bagi orang lain)," kata Adi Maryono.

BACA JUGA : Geo83 Goes to Campus Membuka Wawasan Mahasiswa Geologi Menatap Masa Depan

Lebih lanjut Adi menjelaskan implementasi memberikan manfaat pada orang lain. Pertama, Geo83 Goes to Campus. Pada agenda ini, Geo83 UGM memberikan kuliah tamu atau sharing knowlaged di tujuh kota, untuk 15 perguruan tinggi.

"Alumni Geologi 83 itu ada yang aktif di Migas, Pertambangan atau Mineral, Entrepreneur atau pengusaha. Ada yang mempunyai profesi di luar ilmu geologi, seperti wartawan, service company, ada yang di geothermal, staf pengajar atau dosen. Kita semua bergotong royong, berpadu ria mengadakan kuliah tamu," kata Adi.

Sementara Ketua Geo83, Anif Punto Utomo menambahkan rangkaian kerjasama ini bekerjasama dengan berbagai pihak. Di antaranya, Kageogama, Kakgigama, Alumni FKKMK UGM angkatan 1983, SM IAGI, MGEI, Selow Run, dan Musang Running Team. "Pelibatan berbagai pihak ini bertujuan menggalang kolaborasi dan bersinergi untuk berbuat kebaikan," kata Anif. (*)

Geo83 UGM foto bersama Rektor di Malam Puncak Reuni di Yogyakarta, Sabtu (30/9/2023). (foto : heri purwata)

BACA JUGA : Geo83 UGM Bakti Sosial Pembuatan Protesa Mata, Gigi dan Hidung di Klaten

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image